Qadar Ruslan S Caleg DPR RI Dapil Jabar 9 Siap Perjuangkan Aspirasi Peternak Unggas di Sumedang

SUMEDANG, Harnasnews – Guna menyerap aspirasi dan keluhan kelompok tani dan pelaku usaha peternakan, calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Jabar 9 No.urut 7, Qadar Ruslan Siregar (QRS) terjun langsung ke Kabupaten Sumedang dan berdialog dengan para pelaku usaha peternakan.

Ruslan mengaku terpanggil dan ingin memperjuangkan nasib pelaku usaha peternakan yang dinilai saat ini masih belum mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Pasalnya, di saat musim panen (ketersediaan unggas yang memadai) akan tetapi para peternak mengaku kesulitan dalam proses penjualan.

“Beberapa hari ini saya bersama tim dan relawan Pemenangan Prabowo-Gibran turun langsung ke masyarakat, bahkan hingga masuk ke kandang-kandang ayam guna melihat langsung aktivitas masyarakat peternak. Namun dari sejumlah pengusaha peternak unggas yang kami datangi rata-rata memiliki keluhan yang sama, yakni persoalan distribusi dan mahalnya pakan ternak,” ujar Ruslan kepada wartawan di Sumedang, Ahad, 24/12/2023).

Ruslan menilai perlu adanya evaluasi dalam proses rantai distribusi dan manajemen ketersediaan bahan baku pakan ternak. Dia pun berharap ke depan para pelaku usaha peternakan unggas merasakan hasil jerih payahnya dan tidak hanya dimanfaatkan oleh para spekulan yang nakal.

“Karena yang kita ketahui bahwa harga daging ayam atau unggas di pasaran saat momen libur Nataru ini tengah mengalami kenaikan. Nah, seharusnya membawa dampak positif terhadap para pelaku usaha peternakan dikarenakan adanya kenaikan demand. Tapi faktanya justru harga ayam di kalangan peternak cenderung stabil, bahkan ketika peternak hendak menaikan harga, para pedagang sudah bereaksi,” ungkap Ruslan.

Padahal kata Ruslan, berdasarkan informasi dari peternak, saat ini terjadi kenaikan pakan peternak. Seharusnya, kenaikan pakan diiringi juga dengan kenaikan harga unggas. Tapi yang terjadi tidak demikian.

“Artinya, ini ada persoalan yang perlu dipecahkan. Oleh karenanya, sebagai caleg dapil jabar 9 yang meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka Subang, kami akan semaksimal mungkin memperjuangkan aspirasi mereka,” kata Ruslan.

Terlebih, kata dia, saat ini Menteri Perdagangan (Mendag) dijabat oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Zulkifli Hasan. Untuk itu pihaknya siap menjembatani para pelaku usaha peternakan untuk mendapat perhatian dari Mendag. **

Leave A Reply

Your email address will not be published.