Repnas: Program Makan Siang Gratis Prabowo bisa Sejahterakan UMKM

JAKARTA, Harnasnews – Ketua Umum DPP Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Angawira mengatakan program makan siang gratis bagi anak-anak dapat menyejahterakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), selain juga meningkatkan gizi anak.

Program makan siang gratis bagi anak sekolah, yang diusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu, dapat menggeliatkan perekonomian pelaku UMKM karena bisa mendapat banyak konsumen.

“Dengan meningkatnya jumlah anak yang menerima makan siang, di kantin atau warung di sekitar sekolah, dapat mengalami peningkatan pelanggan yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan UMKM setempat,” kata Anggawira dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan program makan gratis akan menyejahterakan para pelaku UMKM kuliner lokal, baik yang berada dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Menurut Anggawira, tidak hanya UMKM kuliner yang diuntungkan, tetapi juga UMKM penyedia bahan baku makanan dalam hal ini bahan makan siang.

“Selain itu, ini juga dapat menciptakan peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dalam penyediaan makanan atau bahan baku untuk program makan siang, mendukung pertumbuhan ekonomi di komunitas sekitar sekolah. Namun, penting untuk memastikan bahwa UMKM lokal terlibat secara adil dan berkelanjutan dalam pelaksanaan program tersebut,” jelas Anggawira.

Kendati demikian, dia berharap implementasi dan pembiayaan Program Makan Gratis tersebut perlu diperhatikan; karena selain bisa memberdayakan UMKM, juga bisa mengatasi masalah kekurangan gizi di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.