iklan

Reses di Gili Iyang,Masdawi Ungkap PR Besar Pemkab Sumenep

Nasional

SUMENEP,Harnasnews.com – Gili Iyang adalah sebuah pulau kecil di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Dikenal sebagai pulau dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, tentunya sangat wajar jika pulau ini selalu dikunjungi wisatawan,baik lokal maupun mancanegara.

Namun sangatlah disayangkan,jika para wisatawan yang datang belum paham dan mengerti cara untuk menikmati wisata oksigen di pulau tersebut,

“Biasanya para pelancong yang datang,langsung minta di antar ke titik oksigen tertinggi,dan setelah seharian muter-muter mereka langsung meninggalkan pulau,tak ada yang mereka dapat,kecuali capek dan penat saja” Ujar Masdawi,Sabtu(20/03).

Harusnya,lanjut Masdawi,”Jika para pelancong itu benar-benar ingin menikmati dan sekaligus mau membuktikan manfaat wisata oksigen,mereka wajib bermalam di pulau,dengan menginap di pemukiman warga atau langsung berbaring dialam terbuka,sehingga mereka bisa merasakan langsung manfaat oksigen bagi tubuh ketika bangun pagi” Paparnya.

Putra daerah pulau oksigen tersebut mengatakan bahwa,titik oksigen yang dimaksud para wisatawan itu,hanyalah merupakan bekas posko penelitian saja,”Sebetulnya tidak ada istilah titik oksigen tertinggi,disemua penjuru pulau kadar oksigennya sama,yakni kisaran 24,5 – 38,7 persen, sebagaimana hasil penelitian Tim LAPAN pada tahun 2006 lalu”Ujarnya.

Lebih lanjut, politisi Demokrat itu juga menuturkan bahwa, oksigen yang ada dipulau Gili Iyang itu bukan bersumber dari bawah atau tanah sebagaimana isu yang sempat berkembang dimasyarakat,

“Oksigen ini terbentuk karena di atas pulau Gili Iyang ada konsentrasi udara lembab steril yang menyedot udara kotor dari pulau dan berproses dengan hawa bumi sehingga menjadikan udara paling steril sedunia,yang kemudian membentuk oksigen terbaik” Tuturnya.

Di singgung terkait titik oksigen terbaik,Masdawi menerangkan bahwa lokasi dimaksud hanya terdapat di daerah yang mampu menahan konsentrasi oksigen lebih lama,yakni lokasi yang bisa membentuk pusaran angin,sehingga oksigen tidak mudah menyebar,”Nah hal inilah yang kemudian memunculkan program untuk membentuk daerah endapan oksigen,ini merupakan tugas Pemkab,cuma sayangnya dari dulu mereka tidak pernah tau,jadi boleh saya katakan ini merupakan PR besar bagi Pemkab Sumenep yang baru,demi memajukan wisata oksigen di pulau Gili Iyang ini” Pungkasnya.(Hr/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.