Sambut Ramadhan 1443 H, Pelaku UMKM/IKM Bojonegoro Gelar Bazar Murah Produk Khas Bojonegoro

Ekonomi

Bojonegoro,Harnasnews – Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H, para pelaku UMKM/IKM Bojonegoro menggelar Bazar Murah yang dimulai Sabtu (02/04/2022). Bazar menghadirkan aneka produk kuliner dan kerajinan (craft) Bojonegoro. Bazar digelar di Jl. MH. Thamrin No. 41 (halaman rumah Imoet Argha) Kelurahan Ledok Kulon Bojonegoro.

Ani, pemilik IKM Imoet Argha selaku ketua panitia mengungkapkan, Bazar Murah Ramadhan tersebut akan digelar 2-28 April 2022. Ani berharap semua akan berjalan dengan lancar, mulai awal persiapan sampai akhir tanggal 28 April nanti semua produk bisa laris terjual.

“Produk yang dijual yaitu sembako murah dari Koperasi Desa Ngablak Kecamatan Dander, makanan dan minuman dari anggota komunitas. Bazar mulai dibuka jam 14.00 s/d menjelang sholat Isya. Tolong dibantu untuk mempromosikan bazar ini di medsos masing-masing peserta agar cepat diketahui banyak khalayak di Bojonegoro. Monggo kita semua guyub rukun, dengan tujuan yang sama sebagai IKM Bojonegoro,” tuturnya.

Selanjutnya Efendi, ketua Kurmo, yang berasal Desa Ngablak menceritakan awal terbentuknya Kurmo yang berasal dari komunitas pedagang keliling jalanan yang bergabung untuk menaikkan ‘level’ melalui wadah organisasi. Saat ini komunitas ini sudah memiliki 32 anggota.

“Mohon kritik dan saran dari Bapak/Ibu demi kemajuan dan peningkatan utamanya anggota Kurmo. Kedepannya bisa lebih profesional dan maju lagi, serta legalitasnya juga lebih resmi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua APMMIK, Kristianingsih saat membuka bazar murah menyampaikan terima kasih atas kolaborasi PUJ dan Kurmo. Harapannya kedepan terus dapat saling bersinergi sehingga terjalin kemitraan antara sesama asosiasi. “Mudah-mudahan melalui bazar murah ini kedepan kita bisa saling memperkenalkan produk masing-masing, semua varian produk termasuk semua pemiliknya,” tuturnya.

Lebih lanjut Kristrianingsih mengatakan, APMMIK punya tagline/jargon ‘Produktif, Mandiri, dan Berwawasan Luas’. Pelaku IKM Bojonegoro itu produktifitasnya tinggi dan bisa mengadakan kegiatan semacam bazar dengan inisiatif sendiri secara mandiri. Tidak hanya bekerja keras, tetapi juga bekerja cerdas dan ada kerjasama. Untuk meningkatkan rasa percaya diri pelaku IKM, dirinya menyebut pemilik IKM sebagai ‘Direktur’ atau ‘Owner’.

“Panjenengan-panjenengan memiliki andil untuk kebangkitan ekonomi yang dimulai dari UMKM/IKM. Mari bersinergi, tidak jamannya lagi saingan. Sekarang itu zamannya kolaborasi. Doa saya, ini akan laris manis, bertahan sampai akhir. Mohon kerjasamanya dari Dinas Kominfo untuk terus mempublikasikan kegiatan saat ini dan selanjutnya. Termasuk semua rekan-rekan Owner untuk terus mempublikasikan melalui medsos masing-masing,” pungkasnya.

Pada pembukaan bazar murah tersebut beberapa produk memang memiliki harga bersaing dengan kemasan yang cantik. Produk-produk IKM tersebut telah mencantumkan identitas produk yang jelas, label P-IRT, tanggal expired, dan komposisinya. Hal ini sesuai arahan Ibu Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah pada acara Sosialisasi Fasilitasi Perizinan bagi Pelaku IKM Makanan dan Minuman di Gedung Pertemuan PKK Kab. Bojonegoro 15/03/2022 yang lalu. (Nuty/NN)

Untuk kontak pemesanan produk bazar murah dapat melalui Ibu Ani owner ‘Imoet Argha’ di nomor 0852-0422-7025, dengan pilihan produk yang ditawarkan berikut ini :
1. jajanan kue basah
2. es dawet campur,sostel, wingko, pentol bakar
3. peyek, krupuk, aneka gorengan
4. paket sembako dengan harga terjangkau
5. Sempol, pentol (new gey)
6. kue kering
7. Siomay
8. Sempol,lomie,marmie usus
9. Kue kering, es podheng, rajut
10. Jajanan anak-anak
11. Es kopyor, es podeng, lele/ayam goreng lalapan sambal
12. Kolak, tumis daun pepaya
13. Sate telur puyuh, tahu tempe bacem
14. Kripik tempe
15. Colding milk
16. Rica2 mentok, becek mentok, kare ayam kampung
17. Donat kukus, sate usus
18. Bakso,soto dan tahu bakwan
19. Jadah bakar/gethuk bakar
20. Si Manis Rambut Nenek Nenek,Rambut kakek, & macam-macam Rambut
21. Marneng dan perkedel goreng
22. Ayam panggang, ayam kecap, tahu gorden
23 Rica2 ayam, ayam panggang jawa
24. Bolen Pisang
25. Kopi original, kopi jahe merah, kopi sereh, kemplang pedas, Rawon
26. Kentang mustofa, cwimie, kolak, serundeng
27. Kacang mete
28. Jamu, galantin
29. Sambal baby cumi, sambal teri dan craft
30. Botok telur asin, aneka soup
31. Bakso
32. Kerajinan/craft
33. Galantin.
Dari Berbagai produk yang di pasarkan oleh para pelaku UMKM/IKM, Cukup memasyarakat, dan mampu menarik peminat para pembeli, Dan Upaya Yang dilakukan Oleh para pedagang sudah Cukup bagus, Mampu meningkatkan Animo warga Untuk tetap menikmati hasil produk lokal Bojonegoro, Para Pelaku UMKM harus Produktif, Mampu menguasai Pasar, dengan berbagai Promosi, Secara langsung Maupun sebliknya,

Warga Hany (46). ” Gebrakan Yang di lakukan Umkm /Ikm . Sudah Cukup Bagus, Yang mana mereka tetap butuh Kesadaran masyarakat Bojonegoro untuk tetap Perdayakan Produk lokal, Termasuk kulinernya kita Pilih makanan yang Di Jual Dulur dulur UMKM biar mereka Bangkit Dan Semangat menjalankan usahannya Setelah masa pandemi.” Ucapnya. (Ulva.HNN).

Leave A Reply

Your email address will not be published.