Selain Keterampilan Dan Kemandirian, Rutan Bangil Berikan Pembinaan Kerohanian Bagi WBP

BERITA

WBP saat mengikuti pengajaran mengaji di Rutan Kelas IIB Bangil. (Foto: Abdul Wahid/Harnasnews)

PASURUAN, Harnasnews – Pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) bukan hanya tentang kemandirian dan keterampilan kerja saja, tetapi juga terdapat pembinaan kerohanian dan mental seperti yang dilakukan di Rutan Kelas IIB Bangil yang rutin setiap hari, yang terlihat pada hari Rabu (15/03/2023).

Terlihat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan mengikuti kegiatan belajar mengaji bersama di musholla Rutan Kelas IIB Bangil, itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Rutan Kelas IIB Bangil bagi seluruh Warga Binaan yang mayoritas beragama Islam.

Kepala Rutan Kelas IIB Bangil, Akhmad Sobirin Soleh menyampaikan bahwa pembinaan kerohanian merupakan salah satu bentuk pelayanan serta pembinaan yang diberikan kepada WBP dalam hal keagamaan, yang diharapkan dapat membentuk mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

“Semoga dengan pembinaan rohani yang dilaksanakan rutin ini, Warga Binaan dapat merefleksikan diri serta dapat melaksanakan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat hidup harmonis dengan lingkungannya dan saat kembali ke masyarakat bisa menjadi pribadi yang lebih baik,” ucap Sobirin.

Dalam kegitaan ini, terlihat antusias Warga Binaan Pemasyarakatan dalam mengikuti kegiatan. Ada beberapa WBP yang sengaja mengikuti untuk bisa membaca Al Qur’an, karena waktu di luar WBP tidak pernah belajar membaca Al Qur’an.

“Dapat dilihat keinginan dari WBP untuk memperdalam ilmu kerohanian, bahkan ada juga yang sangat ingin bisa membaca ayat-ayat suci Al Qur’an. Mudah-mudahan dengan ini WBP bisa menjadi diri yang lebih baik dengan bisa membaca ayat-ayat Al Qur’an dan bisa lebih intropeksi diri menjadi yang lebih baik,” harap Ka. Rutan saat ditemui di ruang kerjanya.

Ditambahkan Akhmad Sobirin Soleh, “kegiatan ini merupakan salah satu fungsi dan tugas dari Rutan yang berada dalam Ditjen Pemasyarakatan yang dinaungi Kemenkumham, untuk memberikan pembinaan kepada WBP. Dengan tujuan, WBP sudah siap bersosialisasi dengan masyarakat saat nanti keluar dari Rutan dan menjadi warga negara yang lebih baik,” pungkasnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.