Selain PIM, Pasar Ikan Terintegrasi (PIT) ada di Muara Baru Jakarta

JAKARTA,Harnasnews.com – Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) terus berupaya menghadirkan fasilitas perikanan di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Baru, Jakarta Utara.

Selain Pasar Ikan Modern (PIM), Perum Perindo juga mengelola Pasar Ikan Terintegrasi (PIT) sebagai optimalisasi pengembangan perikanan di Muara Baru.

Pasar Ikan Terintegrasi (PIT) berfungsi sebagai tempat pelelangan ikan, tempat perdagangan retail perikanan untuk fasilitas para pemilik kapal maupun pelaku usaha di Muara Baru.

“Kapal ikan yang dibongkar dapat langsung dilakukan pelelangan oleh pemilik kapal dengan memanfaatkan fasilitas di PIT ” Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan & Perikanan, di sela kunjungannya ke PIT, Kamis, (10/10/19)

Pemilik kapal harus hadir dan melihat langsung proses pelelangan hasil tangkapan, kata Susi lagi.

Selain itu, menurut Plt Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit mengatakan akan mengajak seluruh para pelaku usaha untuk turut berperan memajukan perikanan di Indonesia dan Melalui PIT ini kami dapat mewujudkan area Pelabuhan Perikanan Muara Baru sebagai sentral Perikanan di Jakarta.

Farida menambahkan Pasar Ikan Terintegrasi beroperasi sejak pagi mulai 09.00 – 18.00 WIB dan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru operasional di malam hari 18.00 – dini hari, dengan begitu, potensi pendapatan terkait perdagangan ikan dapat dimaksimalkan, kolaborasi dengan para pelaku usaha perikanan.

Pasar Ikan Terintegrasi (PIT) dibangun sejak tahun 2016, terdapat 2 ruang hall dengan luas kurang lebih 600m2 yang sebelumnya tidak dimanfaatkan dengan baik, PIT diharapkan jadi barometer pasar ikan di area Muara Baru karena selain ada proses pelelangan ikan dan perdagangan retail tadi, di PIT juga terintegrasi dengan Cold Storage milik Perum Perindo.(Red/Idhar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.