Selama Bulan Ramadhan Harga Daging Ayam Dipastikan Normal

Ternak ayam potong (Ist)

BOGOR, Harnasnews.com – Gabungan Asosiasi Pengusaha Peternak Ayam Nasional (GOPAN) memastikan ketersediaan ayam potong menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Selain itu, harga pokok penjualan (HPP) ayam potong diprediksi normal. Sebab, stok ayam yang ada di cold storage saat ini tercukupi hingga dua bulan mendatang.

Sekretaris Jendera GOPAN, Sugeng Wahyudi, mengatakan stok ayam untuk bulan bulan Ramadhan dipastikan berlebih. Saat ini stok ayam di cold storaga atau rumah potong rata-rata mencapai 63 juta per bulan. Sedangkan kebutuhan konsumsi daging untuk sekali nasional hanya sekitar 58 juta sampai 60 juta perbulan.

“Jadi menurut kami stok daging ayam untuk bulan Ramadhan tidak kurang malah berlebih. Tapi karena stok ayam berlebih justru berimbas pada harga jual ayam yang menurun untuk saat ini,” kata Sugeng dalam diskusi ” Mencari Solusi Harga Daging Ayam Menjelang Ramadhan”, Jumat (5/4/2019), di Kota Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta pemerintah agar memperhatikan peternak, baik itu peternak rakyat maupun mandiri. Sebab, dengan adanya Permendag Nomor 96/2018 dinilai belum efektif. Sehingga banyak peternak ayam yang kerap mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

Untuk itu pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah untuk menstabilkan harga ayam potong. “Kami juga mengapresiasi Dirjen Peternakan yang terus berupaya melakukan stabilitas harga ayam potong,” kata Sugeng.

Menurut Sugeng yang juga merupakan juru bicara dari Peternak Rakyat dan Peternak Mandiri (PRPM) ini, kerugian ini sudah dialami oleh peternak sejak Januari sampai Maret 2019. Para pertenak mengalami kerugian sekitar Rp 4000 per Kilogram (kg) sampai Rp 5000 per kg.

Leave A Reply

Your email address will not be published.