iklan iklan

SMKN 2 Surabaya Siapkan Masjid Untuk Gerakan Sekolah Menyenangkan

Pendidikan

Surabaya,Harnasnews.com – SMKN 2 Surabaya meresmikan masjid baru di area sekolah sebagai fasilitas Gerakan Sekolah Menyenangkan.

Sekolah Menyenangkan (GSM) sebagai bagian dari upaya perubahan paradigma dan cara berpikir (mindset) dari pengelola SMK yang di gagas Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Surabaya, Djoko Pratmodjo mengungkapkan di sekolahnya menjadi pilot project di Jatim. Sehingga ia berusaha optimal menyediakan fasilitas dan program yang bisa membuat siswa merasa senang di sekolah.

“Rencana ke depan ini masjid akan menjadi fasilitas gerakan sekolah menyenangkan. Jadi kegiatan keagamaan bisa dilakukan bersama di masjid, seperti sholat dhuha bersama ataupun dibukanya tempat pembelajaran Alquran di masjid,”urainya.

Untuk menciptakan gerakan ini, Djoko juga memberikan sosialisasi pada para guru agar bisa menciptakan suasana belajar menyenangkan.

Sehingga siswa tidak malas ataupun kesulitan dalam mengikut

“Sekolah sebagai tempat pembentukan SDM unggul, harus bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan selalu dirindukan siswa. Hal ini tentunya akan berdampak pada gairah belajar sehingga potensi-potensi yang dimiliki setiap siswa akan muncul, ” tuturnya.

Dia menambahkan, karena itu fokus pembelajaran perlahan juga harus mulai diubah.

Guru-guru tak hanya sekedar transfer ilmu pengetahuan tetapi mendorong siswa untuk untuk berani mengeluarkan kemampuan minat dan bakat yang ada pada diri siswanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.