Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Kasat Binmas Probolinggo Kota Memberi Pemahaman

Probolinggo, Harnasnews.com – Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada Pengurus Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo tahun 2019, digelar Amarilis Hall “Kusuma Agro Wisata” Jalan Abdul Gani Atas PO. BOX 36 Batu – Jatim, Selasa (29/10/2019), dimulai dari pukul 14.00 Wib hingga selesai.

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintahan Probolinggo Kota, sebagai Narasumber Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota Iptu Retno Utami. S.H.,

Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dihadiri, Walikota, Ketua TP PKK, Wakil ketua TP PKK, Asisten pemerintahan dan KA Bakesbangpol Kota Probolinggo serta Ibu-ibu PKK pemkot probolinggo dengan jumlah 75 orang.

Adapun yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota Iptu Retno Utami, S.H., dalam kegiatan sosialisasi ini memberikan materi, Tentang “Pengertian Wawasan Nusantara” dari cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional.

(2). Pengertian tentang “Wawasan Kebangsaan” dengan cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan bangsa dan ketahanan bangsa.

(3). Tentang Fungsi Wawasan Kebangsaan ada 4 hal yang dijabarkan yakni, Sebagai Wawasan Pembangunan ialah Wawasan nusantara memiliki fungsi dalam pembangunan Indonesia. Beberapa unsur di dalamnya termasuk sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan negara, serta ekonomi dan sosial ekonomi.

Sebagai Konsep Ketahanan Nasional, tentang Pemahaman mengenai wawasan nusantara berfungsi sebagai konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, dan pertahanan keamanan nasional.

Sebagai Wawasan Pertahanan Dan Keamanan, Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional yang mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan ini meliputi tanah air dan segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Wawasan Kewilayahan, Wawasan nusantara berfungsi dalam pemahaman mengenai wawasan kewilayahan Indonesia, termasuk batas wilayah Indonesia untuk menghindari terjadinya potensi sengketa dengan negara lain.

Disamping itu, kata Retno, kami berharap kepada anggota yang hadir untuk dapat membantu memberi pengarahan kepada anak didiknya, tetangga, kerabat, dan keluarga sendiri untuk tidak dapat mudah terprovokasi oleh berita yang tidak jelas narasumbernya yang tidak dapat dipertanggung jawabkan, mengenai dalam menangani kerusuhan Unjuk Rasa Papua Dan Penolakan Revisi RUU diberbagai Daerah, menurutnya, Polri sudah bertindak Sesuai Protap dan profesional serta porposional, dengan Melakukan pengaman saat terjadi kerusuhan. Mencari asal mula terjadinya kerusuhan. Menangkap pelaku terjadinya kerusuhan. Melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah terutama tingkat sma untuk tidak melakukan kegiatan unras/demo. Mendeklarasikan penolakan demonstrasi.

Ditambahkan kata Retno, Rasa Syukur terpancar di semua anggota yang hadir setelah selesai acara dilanjutkan acara ramah tamah dan foto bersama. Alhamdulillah, Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung aman dan kondusif. (Kri/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.