STTAL Gelar Seminar Nasional “Peluang dan Tantangan Pertahanan Siber Di Era Disrupsi Masa Pandemi Covid-19

Nasional

Lebih lanjut Komandan STTAL berharap rumusan rekomendasi dari seminar ini nantinya dapat menjadi sumbangsih saran dan masukan berharga untuk menetapkan kebijakan serta strategi pengembangan pertahanan siber Indonesia serta dapat menjadi wadah pengembangan bibit-bibit kolaborasi dan sinergitas antar instansi, guna membangun jaringan kerjasama untuk mengantisipasi ancaman cyber warfare di tanah air. Sehingga pada akhirnya nanti terbentuk sumber daya manusia indonesia berkualitas di bidang siber dan infrastruktur teknologi siber yang kokoh untuk terwujudnya Kedaulatan negara di ruang media siber.

Selain itu, dijelaskan juga oleh Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., bahwa pandemi global covid-19 yang kita alami sejak awal tahun 2020 menuntut kita semua untuk beradaptasi dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Salah satu bentuk adaptasi yang kita lakukan dalam masa pandemi ini adalah meningkatnya penggunaan jaringan internet untuk media komunikasi dan pertukaran informasi, sehingga pada akhirnya juga menambah kompleksitas ancaman siber., sehingga harus meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran atas pertahanan dan keamanan ruang media Siber di tanah air.

Kegiatan Seminar Nasional STTAL ini mendapatkan antusiasme dan apresiasi yang tinggi dan positif dari para peserta Seminar dan para Nara Sumber karena begitu pentingnya kegiatan seperti ini dalam menggali dan mengembangkan peluang dan tantangan untuk perkuatan pertahanan siber nasional di era disrupsi masa pandemi covid-19.(Red/Hum)

Leave A Reply

Your email address will not be published.