Sumbawa Siap Ekspor Jagung Ke Filipina Sebesar 11.500 Ton‎


SUMBAWA,Harnasnews.Com – Dalam waktu dekat (19/3/2018) Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Andi Amran Sulaiman akan melakukan ekspor jagung ke negara Filipina. Untuk itu Sumbawa Siap Ekspor Jagung Ke Filipina Sebesar 11.500 Ton‎menggelar rapat tertutup dengan sejumlah Kepala SKPD terkait. Diantaranya Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Perindag, Kepala Dinas Pangan, Syahbandar, dan Manager PT. Seger selaku pengusaha dan pembeli jagung di Pulau Sumbawa.

Usai melakukan pertemuan terbatas dengan Wakil Bupati Sumbawa H. Mamud Abdullah Sekretaris  Dinas Pertanian Sumbawa Ir. Abdul Murad MM. Kepada wartawan media ini mengatakan (15/3/2018) bahwa Kabupaten Sumbawa siap melakukan ekspor jagung ke filipina.

“Sumbawa siap melakukan ekspor jagung ke Filipina. Dan yang akan melepas ekspor nanti yakni Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman,”ungkapnya.

Menurut Murad sapaan akrabnya ekspor jagung nanti yang akan dilepas oleh Menteri Pertanian yakni sebesar 11.500 ton.

“Jagung yang akan diekspor ke Filipina sebesar 11.500 ton. Dan saat ini persiapan untuk melepas jagung yang akan dilakukan oleh Mentan RI tersebut saat ini sedang dilakukan,”paparnya.

Lanjut Murad sebenarnya Kabupaten Sumbawa ingin melakukan ekspor jagung sebesar 25.000 ton tapi Kementan hanya ingin melakukan ekspor sebesar 11.500 ton saja.

Seperti diketahui saat ini Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah penghasil jagung. Selain itu Mentan melakukan ekspor jagung dari wilayah tersebut.

Seperti diketahui kemarin (14/3/2018) ‎Ketua Komisi IV DPR-RI, Edhy Prabowo kembali menyampaikan apresiasinya atas kinerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terkait kesuksesan Amran dalam ekspor jagung. Edhy Prabowo bilang tak salah kalau Amran disebut bapak jagung nasional.

Edhy juga  mengapresiasi kerja keras Kementerian Pertanian (Kementan) yang dipimpin Andi  Amran Sulaiman yang telah berhasil menyerap anggaran tahun 2017 sebesar 90.44 persen serta mampu meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan petani, khususnya ketersediaan 10 pangan strategis di 2017.

Tak kalah dengan Ketua Komisi IV, Roem Kono Wakil Ketua Komisi IV, juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Amran. “Saya dari wilayah Gorontalo menobatkan Mentan menjadi Bapak Pertanian, juga karena sukses mengembangan jagung, maka juga dinobatkan sebagai Bapak Jagung Indonesia,” ujarnya.

Apresiasi juga datang dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, ia mengatakan telah banyak keberhasilan pertanian saat ini terutama dalam hal peningkatan produksi kata Daniel.

Ucapan yang sama juga disampaikan oleh Michael Wattimena, apresiasi diberikan kepada Mentan sebagai konduktor yang mengatur pertanian sehingga tahun 2016 meraih WTP dan bahkan serapan anggaran semakin tinggi hingga di atas 90% . “Kita patut beri apresiasi untuk capaian ini”, kata Wattimena.

Apresiasi ini diberikan setelah Mentan menyampaikan capaian program 2017 dimana pada tahun 2017 anggaran terealisasi sebesar 90.44 persen. Dalam kesempatan tersebut Mentan juga menyampaikan rencana pelaksanaan anggaran tahun 2018.‎ (Hermansyah)‎

Leave A Reply

Your email address will not be published.