Tanam Pohon di Bantaran Kali, Risma Sebut Kali Ciliwung Warisan Luar Biasa

Nasional

JAKARTA,Harnasnews.com – Aksi kepedulian Mensos, Tri Rismaharini terus ditunjukan di DKI Jakarta.

Sempat menuai pro dan kontra dengan aksinya yang menemui Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kali ini Ketua Budang Kebudayaan DPP PDIP itu melakukan aksi penanaman pohon di daerah aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Balekambang, Jakarta Timur.

Kegiatan yang dilakukan bersama Komunitas Ciliwung Condet itu merupakan program Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai yang dicanangkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada peringatan hari ulang tahun partai ke-48 tahun.

Risma mengatakan DAS Ciliwung atau bantaran sungai wajib dilestarikan dan dijaga mengingat banyak tumbuhan langka yang tumbuh di sana.

“Ini sungguh luar biasa. Karena kekayaan bantaran Kali Ciliwung bukan hanya untuk dilestarikan, tapi harus dijaga. Ini adalah warisan yang luar biasa. Banyak jenis tanaman yang langka ada di sini,” kata Risma.

Risma menanam sebuah pohon salak sebagai simbol dimulainya kerja penghijauan tersebut. Selain pohon salak, kader PDIP juga menanami wilayah itu dengan pohon kecapi. “Ini cagar budaya, yang mungkin suatu saat menjadi rujukan anak-anak kita untuk mempelajari tanaman-tanaman langka,” ujarnya.

Risma juga mengapresiasi Komunitas Ciliwung Condet yang terus bekerja menjaga bantaran sungai dan tanamannya. Risma pun mengajak semua pihak agar gerakan penghijauan di HUT PDIP ke-48 ini sebagai momentum untuk melestarikan sungai.

“Mari kita lestarikan. Saya ini belum pernah makan salak Condet. Suatu saat orang akan mencari. Dan yang pasti, menjaga alam itu luar biasa,” ucap Risma.(sof)

Leave A Reply

Your email address will not be published.