iklan

Tanggul Darurat Sungai Citarum Bekasi Kembali Amblas

BEKASI,Harnasnews.com – Tanggul darurat yang dibangun di Sungai Citarum, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi amblas kembali sekitar 80 sentimeter. Padahal, pengerjaan tanggul darurat tersebut sudah selesai dilaksanakan.

Camat Pebayuran, Hanief Zulkipli mengatakan, amblasnya tanggul darurat Sungai Citarum Kabupaten Bekasi sudah dilaporkan ke Balai Besar Sungai Citarum (BBWSC). Ia berharap tanggul darurat tersebut bisa segera diperbaiki.

“Perbaikan tanggul itu sudah 100 persen. Tapi seminggu kemarin turun lagi sekitar 80 sentimeter. Sekarang nunggu perbaikan lagi. Alat beratnya masih di sini, alat berat punya Wika siap nunggu arahan BBWSC,” katanya.

Sedangkan untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat tanggul Sungai Citarum jebol di Kecamatan Pebayuran sudah mulai dilakukan pada Rabu (17/3/2021).

Pembangunan ataupun perbaikan rumah itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Hanief mengatakan, pembangunan maupun perbaikan rumah difokuskan di wilayah Desa Sumberurip. Karena di wilayah tersebut kondisi rumah warga banyak yanh rusak parah.

“Sekarang mulai berjalan pembangunannya bertahap. Bantuan pembagunan itu dari Provinsi Jawa Barat da Pemkab Bekasi,” katanya.

Hanief menyebut total ada 55 rumah di Desa Sumberurip dekat titik tanggul jebol Sungai Citarum yang mengalami kerusakan. Dari jumlah itu, 40 rumah rusak berat atau rata dengan tanah dan 15 rumah rusak sedang.

Untuk bantuan pembangunan rumah, baik itu dari Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi jumlahnya sebesar Rp20 juta.

“Diharapkan proses pengerjaannya rampung sebelum lebaran. Jadi warga rumahnya terdampak pas lebaran bisa sudah pada di rumah masing-masing. Makanya kita pantau terus. Kasihan kan kalau lebaran enggak ada rumah masih rusak,” ungkapnya. (Sygy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.