Tangkal Radikalisme, SMK 2 Kediri Gelar Orasi Kebangsaan

JAWA TIMUR, Harnasnews.com – Dalam rangka menangkal radikalisme dikalangan santri dan pelajar, SMK Negeri 2 Kota Kediri melakukan kegiatan Orasi Kebangsaan bersama KH. Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal Gus Miftah digelar di Aula SMK Negeri 2 Kota Kediri, Selasa (26/07).

Kegiatan ini merupakan amanah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didukung sejumlah kementerian dan BUMN. Untuk menanggulangi radikalisme di kalangan pelajar. Kota Kediri merupakan titik ke-11 dari 72 titik se-Indonesia.

Kehadiran sosok pengasuh Ponpes Ora Aji, Sleman, Yogyakarta, rupanya tidak asing di kalangan anak muda.

“Kami mendapatkan amanah dari bapak Presiden untuk memberikan pemahaman dan penanggulangan radikalismen di kalangan pelajar mahasiswa terutama para milenial,” ungkapnya.

Dia pun mengajak kepada seluruh pelajar SMK, untuk hidup beragama dan berbangsa dengan happy dan menyenangkan.

Dalam kajian ini juga digelar tanya jawab serta Gus Miftah tidap lupa membagikan kaos dan uang bagi para pelajar yang aktif bertanya. Salah satu penerima door prize, saat salah satu siswi bertanya bahwa bagaimana menyikapi isu bahwa dirinya dituduh menjual diri.

“Kalau kata saya, orang lain saja peduli akan kejelekan mu apalagi kebaikanmu, jadi tidak usah dipedulikan,” ucapnya disambut tepuk tangan ratusan pelajar.

“Kita semua punya kewajiban menanamkan jiwa nasionalisme, tetap mencintai Pancasila sebagai ideologi. Lihatlah kenapa kaca mobil yang di depan selalu lebih besar dari kaca belakang? jawabannya karena masa depan bangsa Indonesia jauh lebih besar dari masa lalunya. Mudah-mudahan silaturahmi ini tetap terjaga sehingga kemudian kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,” ucap Gus Miftah.

Suasana kajian kebangsaan di Aula SMK Negeri 2 Kota Kediri (Kintan Kinari Astuti)

Usai acara, sosok kyai karismatik ini tak kunjung pulang untuk melanjutkan acara yang sama di Kota Malang. Namun bertanya lokasi kantin dan kemudian bergegas menuju sesuai arah diberikan sejumlah siswa. Dia pun kemudian memborong semua dagangan makanan ringan di kantin tersebut.

“Saatnya ekonomi bangkit,” ucapnya sambil tertawa. Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih telah diijinkan hadir di lokasi SMKN.

Terlihat hadir dalam acara ini, Ketua PCNU KH. Abu Bakar Abdul Jalil didampingi sejumlah perwakilan perbankan, perwakilan Polres Kediri Kota dan Kodim 0809 Kediri.

Hadi Sugiharto selaku Kepala SMK Negeri 2 saat dikonfirmasi menyampaikan ucapan terima kasih atas digelarnya acara ini. Menurutnya ini merupakan kegiatan positif dan memberikan wawasan kepada anak didiknya.

“Untuk memupuk nilai-nilai kebangsaan mulai sedikit demi sedikit terkikis. Dengan orasi kebangsaan dari Gus Miftah ini, paling tidak memberikan support lagi kepada siswa. Wawasan anak-anak semakin lebih luas lagi untuk lebih mencintai tanah air, bangsa dan negaranya,” ungkapnya. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.