Target 1 Juta Vaksinasi Belum Tercapai, Ini Kata Satgas

Dia merinci, pemerintah sebenarnya memiliki 30 ribu personel vaksinator dari Kementerian Kesehatan. Jika ditambah personel vaksinator dari TNI-Polri sebanyak 9.000 orang, total tenaga vaksinator di seluruh Indonesia mencapai 39 ribu orang.

“Katakanlah 40 ribu (vaksinator). Kalau satu vaksinator sehari bisa (menyuntik) 30 (orang), berarti sehari sudah bisa 1,2 juta (divaksin). Hitungan kita, hitungan gampangnya seperti itu. Tetapi praktik di lapangannya yang membutuhkan improvisasi yang baik sehingga angka yang kita harapkan tercapai,” kata Jokowi, dikutip dari republika.

Merespons tantangan ini, Jokowi melanjutkan, pemerintah akan menjamakkan pelaksanaan vaksinasi jemput bola. Maksudnya, vaksinasi Covid-19 akan lebih banyak dilakukan di lokasi-lokasi yang ‘dekat’ dengan masyarakat. Misalnya terhadap pedagang pasar Tanah Abang, Rabu (17/2) lalu.

“Waktu di Tanah Abang semuanya berbondong-bondong. Karena begitu yang satu berani, yang lain ngikutin. Karena kita melakukannya di tempat. Di lokasi. Itu pengaruh sekali suntikan di lokasi, itu penting,” kata Jokowi.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.