Target 1 Juta Vaksinasi Belum Tercapai, Ini Kata Satgas

JAKARTA, Harnasnews.com – Target pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi terhadap 1 juta orang per hari belum tercapai. Vaksinasi Covid-19 dosis pertama baru disuntikkan untuk 3,3 juta orang per Selasa (9/3) ini. Artinya, rata-rata vaksinasi per hari sejak 13 Januari 2021 baru sekitar 50.000 orang per hari. Angka ini masih jauh di bawah target pemerintah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, ada dua kendala utama bagi pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi. Pertama, terbatasnya jumlah fasilitas kesehatan yang memadai untuk melaksanakan vaksinasi. Sementara kendala kedua, belum sempurnanya sistem informasi data yang dibutuhkan untuk vaksinasi.

“Dan alur komunikasi yang dibutuhkan masyarakat. Pemerintah terus evaluasi pelaksanaan vaksinasi sebagai input yang berarti untuk perbaiki program ke depan,” kata Wiku dalam keterangan pers, Selasa (9/3).

Pemerintah, ujar Wiku, berkomitmen untuk memperbaiki seluruh kekurangan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lapangan.

Target 1 juta vaksinasi Covid-19 sebelumnya sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi sempat menyebutkan bahwa hitungan matematis memang menunjukkan target vaksinasi 1 juta orang per hari bisa tercapai. Hanya saja, imbuhnya, butuh improvisasi dan strategi yang lebih matang untuk merealisasikannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.