Teknologi Informasi Berkembang Pesat, PNS Sidoarjo Diwajibkan Paham IT

 


Sidoarjo,Harnasnews.com – Dunia Teknologi Informasi (IT) saat ini berkembang sangat pesat di masyarakat. Sebab pada dasarnya, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk membuat atau menghasilkan informasi yang berkualitas kepada berbagai kepentingan seperti, keperluan pribadi, bisnis, serta pemerintahan.

Dewasa ini, Kabupaten Sidoarjo telah menjadikan teknologi informasi sebagai salah satu basis dari pelayanan Pemerintahan dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat, seperti melalui layanan website terpadu, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut untuk memahami dan mempelajari sejauh apa perkembangan dan potensi IT, sehingga dapat terwujud pelayanan informasi masyarakat yang relevan, strategis, akurat, cepat, mudah, transparan dan tepat waktu. Hal tersebut diungkapkan Sekda Sidoarjo H. Achmad Zaini dalam acara Pelepasan PNS yang memasuki masa purna tugas periode Mei-Juli Tahun 2018, di pendopo Delta Wibawa, Selasa, (10/4/18).

H. Achmad Zaini mengatakan, bahwa IT saat ini sudah menjadi mitra kerja, kemajuan IT akan menjawab pelayanan masyarakat yang prima. “PNS harus melek IT dan pegawai yang gaptek/gagap teknologi pasti ketinggalan. Bagi yang muda-muda, dunia IT itu harus ditekuni, karena kedepan IT sudah menjadi mitra kerja kita, mitra kita untuk bekerja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo Sri Witarsih SH menyampaikan, PNS yang memasuki masa purna tugas periode Mei-Juli tahun ini sebanyak 153 orang, dengan rinciannya bulan Mei 54 orang, Juni 50 orang dan bulan Juli 49 orang. Ia menjelaskan, bahwa pelepasan PNS yang memasuki masa purna tugas merupakan bentuk penghargaan kepada PNS yang akan pensiun. Melalui kegiatan seperti ini Pemkab Sidoarjo ingin mengucapkan terimakasih kepada PNS Sidoarjo atas pengabdiannya selama ini, melalui pemberian tali asih dari dana sosial Korpri PNS, serta SK pensiun PNS yang akan diberikan langsung dalam kesempatan tersebut.

“Selain pemberian tersebut, mereka juga akan diberikan piagam penghargaan dari bupati Sidoarjo dan pemberian tabungan hari tua. Pihak dari PT. Taspen Surabaya juga akan menyampaikan informasi tentang program layanan Taspen Proaktif sekaligus informasi pembayaran tabungan pensiun, serta hak-hak peserta BPJS kesehatan yang akan memasuki masa purna tugas,” ujar Sri.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Cabang Utama PT. Taspen Surabaya Achmad Muhtarom menerangkan, tabungan pensiun PNS Sidoarjo akan dibayarkannya tepat waktu. Hal tersebut tidak terlepas dari kerjasama BKD Sidoarjo dengan PT. Taspen. Ia akui trobosan BKD Sidoarjo dalam pemberitahuan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) tanpa kertas atau paperless sangat bagus.

“Terobosan SKPP sangat memudahkan dan meyakinkan pihanknya (PT. Taspen) dalam proses pembayaran Tabungan Hari Tua (THT) serta dana pensiunan,” terang Achmad.

Dia memaparkan, bahwa nominal pembayaran THT saat ini sekitar Rp. 40-60 juta. Sedangkan dana pensiun Rp. 2,1 sampai 5 juta. Untuk PNS yang pensiun bulan Mei akan dibayarkan pada awal bulan Mei melalui rekening masing-masing. Untuk PNS yang pensiun bulan Juni dibayarkan pada pertengahan bulan Juni. Sedangkan PNS yang pensiun bulan Juli, kembali dibayarkan pada awal bulan Juli.

“Jadi nanti di bulan kedua bapak ibu jangan cari-cari uang ditanggal 1 atau 2 karena akan dimasukkan tanggal 15 sampai 20. Sebab ini merupakan dampak dari pelayanan kami satu bulan lebih cepat dalam pencetakan daftar pensiun,” pungkasnya. (Red/Tri/Git)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.