PG Candi Baru Gelar Khitanan Massal, Jelang Buka Giling 2018

Sidoarjo,Harnasnews.com – Menjelang buka giling tahun 2018, PT. PG Candi Baru anak perusahaan dari PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), mengadakan serangkaian kegiatan sosial. Salah satunya adalah khitanan Massal untuk anak-anak dari desa-desa di ring satu PG Candi Baru seperti desa Bligo, desa Klurak, desa Candi dan juga putra dari para karyawan PG Candi Baru. Bakti sosial ini berlangsung di Rumah Dinas, Jalan Raya Blego, No.06 Candi, Sidoarjo, Kamis(12/04/18).

Hadir dalam acara tersebut, Direktur PG Candi Baru Ardian Wijarnarko beserta staf Direksi, perwakilan dari Polsek Candi, Koramil 0816/02 Candi, serta para tamu undangan dari orang tua/wali dan anak yang dikhitan. Serangkaian kegiatan tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh M. Fazar, kemudian dilanjutkan dengan tauziah dan doa oleh K.H Silikon Yusuf.

Dalam sambutannya Direktur PG Candi Baru, Ardian Wijarnarko menyampaikan, bahwa buka giling merupakan tradisi kegiatan “ritual” yang umum dilakukan oleh Pabrik Gula sebelum proses produksi dimulai. Tradisi yang telah ada sejak zaman hindia belanda ini biasanya dihelat antara bulan april – mei. Selain sebagai penanda bahwa musim giling atau produksi gula akan dimulai, tradisi ini juga dimaksudkan agar dalam proses giling atau produksi nantinya bisa selamat, lancar dan sukses sehingga target produksi yang telah ditentukan dapat tercapai.

“Saya mohon doa restunya, semoga di tahun 2018 ini kegiatan buka giling di PG Candi Baru Sidoarjo sukses dengan hasil yang baik,” ujarnya.

Kegiatan bakti sosial dari Pabrik yang didirikan oleh keluarga taipan The Goen Tjing tahun 1932 ini, merupakan ajang silaturahmi serta menjaga kerukunan antar umat beragama. Selain itu, makna dari kegiatan buka giling ini adalah merupakan amal shodaqoh yang bisa menjadi kegiatan yang barokah.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur PG Candi Baru dan diserahkan ke panitia penyelenggara.
Ketua Panitia Novan Cipta P mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial ini adalah program dari Corporate Social Responsibility (CSR) atas kepedulian PG Candi Baru terhadap masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Candi dan sekitarnya.

“Hari ini ada 50 anak yang mengikuti Khitanan massal, dan masing-masing mendapatkan bingkisan berupa perangkat alat sholat, foto pigora, obat-obatan serta uang saku,” kata Novan.

Novan juga berharap, kedepan ditahun yang akan datang (2019,red) kegiatan bakti sosial buka giling ini bisa lebih baik dan banyak lagi peserta yang mengikuti acara Khitanan Massal.

Perlu diketahui bahwa, PT. PG Candi Baru telah berhasil menerima berbagai penghargaan karya inovasi, baik di tingkat nasional maupun internal RNI sendiri. Diantaranya tahun 2007 dan 2008 mengikuti Karya Gula Produksi AGI, Award PG Terbaik III dari FMGI tahun 2008, Gold Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (AMMPI) tahun 2010, Platinum RNI Award 2009, Silver RNI Award 2010, dan Juara Harapan I RNI Award tahun 2013 dan 2016. (Red/Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.