Terkait Adminduk Dukcapil MoU Dengan Pemdes Marente

SUMBAWA, Harnasnews – Pemerintah Desa Marente melakukan penandatanganan Memorandum of Unterstanding (MoU) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa terkait layanan online administrasi kependudukan (Adminduk), Kamis (16/03/2023).

Kepala Desa Marente, Khaeruddin mengatakan bahwa selama pemerintahannya selalu melakukan pembenahan. Salah satunya menggandeng Disdukcapil untuk memudahkan warganya dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Yang jelas kami selalu berbenah untuk lebih baik lagi. Makanya kami bekerjasama dengan Dukcapil agar warga kami lebih gampang dan terbantuhkan mengurus Kartu Keluarga (KK), akta kelahirannya, atau Kartu Tanda Penduduknya (KTP) juga,” ucap Khaeruddin.

Menurutnya, administrasi kependudukan merupakan hak dasar masyarakat. Tanpa administrasi kependudukan, masyarakat tidak bisa mendapatkan akses layanan kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Kami sudah berkomitmen bagaimana kita meringankan beban masyarakat. Jadi dengan adanya kerjasama terkait Adminduk ini dengan pelayanannya di masyarakat, alhamdulillah kami juga terbantu,” terangnya.

Kades Marente juga mengungkapkan sejumlah prestasi yang diraih desanya. Di antaranya mendapat penghargaan dari DLHK Provinsi NTB tahun 2022 di bidang perlindungan hutan dan reboisasi lahan. Kemudian meyandang predikat desa wisata.

‘’Alhamdulillah wisata desa kami sudah mendunia yaitu wisata Air Terjun Agal. Sudah dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Seperti dari Negara Inggris, Belanda, Rusia, Jerman, Polandia, Bulgaria, Ukraina,” tuturnya.

Selain itu, produk UMKM Marente juga masuk dalam program jaringan pengamanan sosial gemilang. Bahkan sukses menjangkau pasar nasional. (HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.