TFG Dipimpin Panglima TNI dan Kapolri, Pangdam Paparkan Situasi dan Kesiapan Satgas Pamwil KTT AIS

 

BALI,Harnasnews – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., Selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) dalam KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023 memaparkan tentang situasi dan kesiapan Satgas Pamwil dihadapan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo pada saat Tactical Floor Game (TFG) yang digelar di GOR Yudomo, Denpasar, Minggu (8/10/2023)

TFG digelar bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan KTT AIS di Nusa Dua, Bali pada 11 Oktober mendatang. TFG juga digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas mengetahui tugas dan tanggung jawabnya untuk mensukseskan dan mendukung berjalannya kegiatan KTT AIS nantinya.

Kegiatan TFG diawali dengan laporan Asops Kaskogabwilhan II kepada Pimpinan TFG tentang rencana Pengamanan kegiatan KTT AIS Forum 2023 secara umum, dilanjutkan dengan paparan dan olah yudha dari masing-masing Satuan Tugas diantaranya Satgas Pam VVIP, Satgas Polri, Satgas Pamwil, Satgas Laut, Satgas Udara, Satgas Passus, Satgas Intel, Satgas Bandara/Pelabuhan, Satgas Medis, Satgas Komlek, Satgas Penerangan, Satgas Siber, Satgas Evakuasi dan Satgas Panmar.

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesiapan seluruh personel dari masing-masing satuan tugas untuk mensukseskan event bertaraf internasional yang sudah berulang kali dilaksanakan di Indonesia khususnya di Provinsi Bali.

“Walaupun kita sudah sering melakukan pengamanan, namun tetap kita akan menguji kesiapsiagaan dari seluruh satuan tugas yang terlibat, sehingga perencanaan yang sudah dibuat agar dilaksanakan sesuai tugas pokoknya masing-masing di lapangan. Oleh karenanya, hari ini kita akan melaksanakan TFG agar terjalin komunikasi sesuai dengan kejadian di lapangan,” tegas Panglima TNI.

Panglima TNI berharap kepada seluruh Satuan Tugas dan staf agar memahami fungsi dan tugasnya masing-masing, sehingga dalam pelaksanaannya nanti sudah tidak ada mis komunikasi. Selain itu, dengan adanya sinergitas antara TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, Panglima TNI yakin dan percaya bahwa KTT AIS Forum kali ini dapat berjalan dengan aman dan lancar seperti event-event internasional sebelumnya.

Hadir dalam kegiatan TFG tersebut diantaranya Pangkogabwilhan II, Kabaharkam Polri, para Asisten Panglima TNI, Pejabat Utama Kogabwilhan II, Pejabat Utama Mabes Polri, Unsur Forkopimda Provinsi Bali, serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy/cvs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.