Tim Kanwil Jatim Memonitoring Aset Dan Bangunan Lapas Ngawi

Berita

NGAWI, Harnasnews – Hari ini, Selasa (10/01/2023) Lapas Kelas IIB Ngawi kedatangan tim dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, menyambut kunjungan dari tim Kanwil Jatim merupakan agenda monitoring dalam rangka menindaklanjuti permohonan hibah tanah dan bangunan oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Kegiatan dimulai dengan koordinasi antara Tim Kanwil Jawa Timur dengan Kalapas beserta pejabat struktural Lapas Ngawi terkait aset Tanah dan Bangunan yang ada di Desa Pelem Kecamatan Ngawi.

Lokasi aset berada satu area dengan Batalyon Artileri Medan 12/Kostrad (Yon Armed 12/155/GS) dan Benteng Van Den Bosch. Berdasarkan sertifikat yang dimiliki tanah ini memiliki luas 46.051 m2. Di area ini terdapat satu bangunan dan beberapa peralatan pertanian yang dulunya dipakai kegiatan pembinaan Asimilasi Warga Binaan Penjara (WBP).

Dalam rapat koordinasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas Ngawi) dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi pada tanggal 10 Januari 2023, disebutkan bahwa area Benteng Van Den Bosch yang sebagian besar milik Yon Armed 12 seluas kurang lebih 12 hektar juga akan dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Mengingat sesuai perencanaan dan tata kota Kabupaten Ngawi area tersebut akan digunakan sebagai wisata cagar budaya yang pembangunan/renovasi dilakukan oleh Kementerian PUPR dan akan diserahkanterimakan pada bulan Februari 2023.

Kabupaten Ngawi berharap kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersedia menghibahkan Tanah dan Bangunan yang berada di arean Benteng Van Den Bosch tersebut.

Kegiatan monitoring berlangsung dengan lancar, dan selanjutnya diharapkan dapat tersusunnya telaah/kajian sehingga terciptanya keputusan pengelolaan BMN yang tepat guna.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.