Tingkatkan Sinergitas Dan Solidaritas Dalam Pembangunan, Bakesbangpol Kab. Bogor Gelar Jambore Ormas 2023

Organisasi kemasyarakatan atau yang biasa disebut dengan Ormas, adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Menyikapi pentingnya fungsi dan tugas ormas tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bogor menyelenggarakan Jambore Ormas 2023 dengan Tema “Peningkatan Kapasitas Ormas dalam mendukung Pembangunan Kabupaten Bogor Tahun 2023” dan “Peningkatan Kapasitas Organisasi Masyarakat untuk Menciptakan Pemilih Yang Cerdas di Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024” di Puri Ayuda Resort, Puncak, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari per-angkatan dan dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan pertama dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 11 Maret 2023, angkatan kedua dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 17 Maret 2023 dan angkatan ketiga dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 11 November 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang, untuk setiap angkatannya yang merupakan perwakilan dari ormas se-Kabupaten Bogor.

Jambore ormas dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang -Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Maksud dan tujuan penyelenggaraan acara ini antara lain untuk memberikan fasilitas kepada para pengurus organisasi yang tergabung dalam aksi nyata ormas untuk mengimplentasikan komitmen bersama sebagai wujud bakti nyata kepada Pemerintah Kabupaten Bogor dan partisipasi aktif untuk saling membantu, berkontribusi dan berkolaborasi untuk menciptakan harmonisasi lingkungan yang nyaman dan butuh peran serta masyarakat yang berada pada level organisasi. Perlu diketahui saat ini sebanyak 296 ormas sudah terdaftar di Wilayah Kabupaten Bogor.

Jambore Ormas merupakan kegiatan silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan Ormas di Kabupaten Bogor dalam rangka mempercepat reformasi menuju arah pembangunan yang lebih baik, khususnya di Kabupaten Bogor.

Organisasi kemasyarakatan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor dan senantiasa bersinergi, bahu-membahu  bersama pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai kesulitan di masyarakat serta bersinergi membangun Kabupaten Bogor dan mewujudkan Kabupaten Bogor  termaju, nyaman dan berkeadaban.

Dalam kegiatan ini Bakesbangpol menghadirkan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) yang menyampaikan materi tentang Pengamanan Pemilu, Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan Untuk Menciptakan Pemilih Yang Cerdas di Pemilu dan Pilkada Serentak, serta Peran dan Fungsi Bawaslu Pada Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

Acara ini juga dilengkapi dengan Outbound dan Fun Games agar peserta tetap bersemangat dan konsentrasi dalam menyerap materi yang disampaikan.

Antusiasme perwakilan ormas dapat dilihat dengan banyaknya dialog interaktif selama kegiatan berlangsung. Para narasumber mendapatkan pertanyaan yang bertubi-tubi dari peserta, mulai dari fungsi dan tugas ormas di tengah-tengah masyarakat, serta sinergitas ormas dengan seluruh stakeholder dalam menghadapi situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Bogor.

Bakesbangpol terus meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi yang efektif dengan organisasi kemasyarakatan agar semua program yang dijalankan organisasi kemasyarakatan dapat disinergikan dengan program pembangunan yang telah disusun oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Bakesbangpol juga berharap seluruh organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Bogor dapat selalu bersinergi dan mendukung kebijakan pembangunan.

Organisasi kemasyarakatan harus menjadi garda terdepan sebagai penghubung antara pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di wilayahnya. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.