TNI Bersama Masyarakat Antusiasme Dalam Program TMMD Ke-101 Kodim 1627/Rote Ndao

Rote Ndao,Harnanews.com – Dengan semangat “Bersama Rakyat TNI Kuat” (Kodim 1627/Rote Ndao dan Lanal Pulau Rote) berbaur dengan masyarakat dalam menjalankan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 Kodim 1627/Rote Ndao.

Kegiatan TMMD Ke-101 Kodim 1627/Rote Ndao ini dimulai pada pukul 07.30 Wita, dan berlangsung pada hari Ke-9 di tiga titik Desa yakni, Desa Helebeik yaitu perehapan berat Gereja Ebenheizer Oeteas Dusun Oeteas II yang telah mencapai (50,8%), MCK GBI-FIRDAUS Dusun Oeteas III telah mencapai (34%), lapangan futsal Dusun Oeteas Desa Helebeik telah mencapai (39,84%), di Desa Oelunggu yaitu pembangunan MCK Gereja Gmit Imanuel Oelunggu telah mencapai (56%) dan di Desa Baadale yaitu pembuatan MCK Gereja GPDI Irene telah mencapai (30,28%), ini semua atas antusiasme masyarakat yang begitu besar bahu-membahu bersama jajaran TNI dalam menyelesaikan sasaran fisik. Dengan adanya kegiatan TMMD ini masyarakat berharap Rumah Ibadah mereka bisa menjadi lebih layak.

“Ini target perehapan Gereja kami sebenarnya secara bertahap akan di langsungkan selama 8 Tahun, namun puji Tuhan, dikarenakan Gereja kami mendapat bantuan perehapan dari bapak-bapak TNI. Sehingga Gereja kami bisa diselesaikan dalam 30 hari ke depan, kami sangat kaget melihat hasil Pekerjaan perehapan Gereja yang begitu cepat,” ujar Ibu Pdt. Helga, Sooay S.Th. (12/4/18).

Selain sasaran fisik, ada juga sasaran non fisik yang diharapkan bisa menimbulkan adanya semangat kebersamaan, serta mempunyai wawasan Bela Negara dan wawasan Kebangsaan, karena mengingat Kabupaten Rote Ndao berada di daerah perbatasan yang bersentuhan langsung dengan Negara tetangga.

Selain itu, pada saat pembukaan TMMD, pihak TNI yaitu Kodim 1627/RN bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao mengadakan penyuluhan tentang Kesehatan, antara lain pengobatan massal serta pembagian makanan tambahan secara simbolis kepada perwakilan ibu hamil dan bayi yang menderita gizi buruk. Secara bertahap kegiatan pengobatan massal ini akan diadakan kembali pada 3 Mei 2018 mendatang.

Sementara itu, Dandim 1627/RN Letkol Arh Budiono mengatakan, bahwa banyak program yang telah disepakati oleh pihaknya bersama Kepala Dinkes Kabupaten Rote Ndao dalam mendukung kegiatan TMMD Ke-101 ini, terutama dalam bidang Kesehatan yakni antara lain, berupa pengerahan masa untuk pengobatan massal secara gratis, sebab apabila harus dirujuk akan difasilitasi pemberian makanan tambahan (MT) untuk ibu hamil dan untuk penderita Gizi buruk, serta sosialisasi kesehatan dilingkungan masyarakat.

“Prioritas TNI bersama masyarakat adalah berupaya merealisasikan program dari PHBS dan ODF, dengan membuat lebih banyak Jamban khususnya di tiap-tiap Desa, agar masyarakat tidak lagi buang air di sembarang tempat seperti di daerah perkebunan, sehingga prilaku hidup sehat dapat diterapkan kepada masyarakat” katanya.

Dandim menambahkan, selain kegiatan tersebut, ada juga kegiatan tentang penyuluhan Hukum, Kamtibmas, dan bahaya Narkoba kepada masyarakat. “Harapannya ke depan setelah selesainya program kegiatan TMMD ini (3/5/18,red), Desa ditiap-tiap Kecamatan yang menjadi sasaran dari program TMMD ini, bisa lebih mandiri, lebih makmur, dan lebih maju sesuai dengan rangkaian program TMMD dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” tuturnya.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral bersama komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi. (Red/Dance Henukh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.