Transformasi UMK Maju Melalui SNI Bina UMK

Oleh: Luh Gde Sri Astiti 

SNI bina UMK merupakan terobosan baru, dengan kolaborasi antar instansi untuk peningkatan mutu produk dan jasa serta menaikan kelas UMK

Para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) saat ini memperoleh kesempatan yang sangat baik untuk menaikan kelas usahanya melalui SNI bina UMK (Standar Nasional Indonesia bina Usaha Mikro Kecil). SNI bina UMK adalah sebuah peraturan Nasional yang merupakan implementasi dari UU nomor 11 tahun 2020 dan PP tahun 2021 terkait standar. Peraturan Nasional ini diciptakan untuk membantu meningkatkan mutu produk dan layanan yang dihasilkan oleh usaha mikro kecil di Indonesia. 

Aturan ini mencakup berbagai aspek seperti manajemen, produksi, pemasaran, dan pelayanan. SNI bina UMK memiliki peranan penting dalam mengembangkan usaha mikro kecil di Indonesia. Usaha mikro kecil pada umumnya terkendala dalam hal sumber daya manusia, teknologi, dan keuangan sehingga kesulitan untuk bersaing dengan usaha besar dan menjamin mutu produk serta layanan yang dihasilkan. Adanya SNI bina UMK diharapkan dapat menjadi panduan bagi usaha mikro kecil untuk meningkatkan mutu produk dan layanan mereka. 

SNI bina UMK memberikan petunjuk dan prosedur yang jelas dalam mengelola dan memproduksi produk yang berkualitas tinggi. Pada jangka panjang, layanan ini akan membantu usaha mikro kecil meningkatkan daya saing mereka di pasar dan memperoleh kepercayaan konsumen terhadap produk yang mereka hasilkan.

Apa itu tanda SNI bina UMK?

SNI bina UMK, merupakan tanda yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersamaan dengan diperolehnya nomor induk berusaha (NIB) bagi UMK dengan kelompok baku lapangan usaha (KBLI) berkategori rendah serta sekaligus memperoleh sertifikat jaminan produk halal yang akan ditindaklanjuti oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama. Tanda SNI bina UMK dapat digunakan pada kemasan barang atau label dan pada jasa misalnya digunakan sebagai identitas perusahaan atau kop surat. Tanda SNI bina UMK yang digunakan oleh UMK merupakan tanda bahwa UMK sedang dalam proses pembinaan penerapan SNI oleh Kementerian/Lembaga/Instansi terkait serta berkomitmen untuk menerapkan SNI. Selanjutnya secara bertahap pelaku usaha akan dibina untuk memperoleh sertifikat SNI. 

Apa saja manfaat SNI bina UMK?

SNI bina UMK mempunyai banyak manfaat bagi usaha mikro kecil di Indonesia, antara lain meningkatkan kualitas produk dan layanan, efisiensi produksi, kepercayaan konsumen, daya saing, dan memperkuat posisi di pasar baik lokal dan nasional. SNI bina UMK ini juga bermanfaat bagi konsumen karena dapat memberikan produk dan layanan yang lebih aman, berkualitas tinggi, dan terpercaya. UMK yang memperoleh SNI bina UMK akan mendapatkan pelatihan SNI, bimbingan teknis dalam menyusun persyaratan SNI dan konsultasi penerapan SNI serta fasilitasi sertifikasi SNI melalui proses kurasi oleh BSN/Kementerian/Lembaga dan Instansi terkait.

Bagaimana mendapatkan SNI bina UMK?

Untuk mendapatkan SNI bina UMK, pelaku usaha tidak perlu membayar, semua layanan gratis/tidak dipungut biaya. Pelaku usaha hanya melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi http://OSS.go.id/
  2. Buatlah akun dengan memilih daftar
  3. Pilih skala usaha dan isikan jenis pelaku usaha, NIK dan nomor ponsel
  4. Lanjutkan dengan proses verifikasi serta pembuatan kata sandi
  5. Setelah terverifikasi masuk kembali ke http://OSS.go.id/ pilih masuk
  6. Masukan username dan kata sandi beserta capcha lalu tekan tombol masuk
  7. Pilih menu perizinan berusaha dan pilih permohonan baru
  8. Lengkapi data pelaku usaha
  9. Lengkapi data bidang usaha
  10. Lengkapi data detail bidang usaha
  11. Lengkapi data produk/jasa bidang usaha
  12. Periksa data usaha
  13. Lengkapi data usaha
  14. Periksa daftar kegiatan usaha
  15. Periksa dan lengkapi dokumen persetujuan lingkungan (KBLI/bidang usaha tertentu)
  16. Pahami dan centang penyataan mandiri
  17. Periksa draft perizinan berusaha
  18. Perizinan berusaha terbit sekaligus persetujuan memperoleh Tanda SNI Bina UMK dan sertifikat jaminan produk Halal dan berhak menggunakannya.

Dengan terbitnya NIB dan tanda SNI bina UMK maka pelaku usaha dapat mengakses situs binaumk.bsn.go.id dan dapat memperoleh pembinaan penerapan SNI serta pembinaan sertifikasi SNI.

Pelaku usaha, mari daftarkan usaha anda dan dapatkan tanda SNI bina UMK sekarang juga.

Penulis: Analis Standardisasi BSIP NTB

Leave A Reply

Your email address will not be published.