Transportasi Bus Tawangmangu – Solo Yang Hidup Segan Mati Tak Mau

 

Bus Tawangmangu – Solo yang sedang menunggu penumpang di Terminal Tawangmangu. Foto : Cj

Kabupaten Karanganyar – Garudanews.com – Pariwisata Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, sudah berkembang pesat sejak dibangunnya Jalan Tembus Tawangmangu – Sarangan.

Berbagai wahana wisata dan wisata kuliner dibangun para pengusaha di sepanjang jalan tembus. Hal tersebut membuat wisatawan semakin banyak yang menuju Tawangmangu.

Jika 20 tahun yang lalu tujuan wisata ke Tawangmangu hanya ke Air Terjun Grojogan Sewu dan wahana bermain Taman Balekambang, sekarang mereka lebih memilih ke wahana – wahana baru yang ada di sekitar jalan tembus.

Pada hari libur kendaraan wisatawan memadati jalanan dari Karangpandan hingga Cemoro Sewu. Wisatawan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor daripada kendaraan umum seperti bus. Mereka lebih leluasa untuk mengunjungi spot – spot Wisata yang diinginkan da lebih efeltif. Di tambah lagi kondisi Bus Umum Tawangmangu – Solo yang kondisinya kurang nyaman.

Berbeda dengan kondisi 20 tahun yang lalu, yang mayoritas wisatawan menggunakan Bus Umum untuk ke Tawangmangu. Pemandangan di hari minggu, wisatawan berebut naik bus menjadi pemandangan yang unik. Namun itu sudah tidak terjadi lagi.

Bus Umum Tawangmangu – Solo, dulu menjadi sarana transportasi utama warga Tawangmangu untuk berpergian keluar Tawangmangu, termasuk menjadi sarana transportasi anak sekolah.

Namun kini semua itu hanya tinggal cerita. Seiring dengan tingkat ekonomi yang lebih baik, warga Tawangmangu lebih memilih kendaraan pribadi baik Mobil ataupun motor buat berpergian maupun berangkat sekolah.

Akibatnya, perusahaan pengelola Bus Umum Tawangmangu – Solo mengalami kemunduran usaha. Dan berdampak pada kondisi bus yang semakin tua dan kurang nyaman.

Dengan maraknya kendaraan pribadi masuk ke tempat Wisata Tawangmangu, maka kemacetan di hari libur saat ini sudah menjadi pemandangan yang biasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.