Trump Langkahi Kongres Bangun Tembok Perbatasan Meksiko

Presiden AS Donald Trump

WASHINGTON, Harnasnews.com – Presiden AS Donald Trump mengumumkan keadaan darurat dalam upaya melangkahi Kongres untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko, Jumat (15/2).

“Kita akan menghadapi krisis keamanan nasional di perbatasan selatan kita, dan kami akan melakukannya dengan cara apa pun,” kata Trump saat ia bersiap menandatangani peraturan yang menghindari sebagain penutupan lain pemerintah, dengan seluruh dana dari pemerintah sampai akhir September.

Rancangan peraturan itu menyediakan 1,275 miliar dolar AS untuk pembuatan tembok baru sepanjang 89 kilometer di Rio Grande Valley di Texas Selatan. Angka tersebut jauh lebih kecil dari 5,7 miliar dolar AS yang telah ia upayakan untuk pagar tembok tersebut.

Pemerintah Trump telah mengidentifikasi lebih dari delapan miliar dolar AS. Dana itu dapat digunakan membangun pagar perbatasan setelah pengumuman darurat itu. Sebagian dana tersebut, 6,1 miliar dolar AS akan berasal dari dana yang sebelumnya dialokasikan buat Pentagon.

Dana itu akan digunakan secara beraturan dan sebagaimana keperluan. Tapi tindakan Trump dipastikan akan menyulut penentangan dari kubu Demokrat dan pemilik lahan yang tanah mereka akan diambil-alih oleh Trump untuk digunakan membuat pagar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.