Universitas Ahmad Dahlan Gelar Kompetisi Robot Tingkat Nasional

Yogyakarta,Harnasnews.com – Event tahunan Ahmad Dahlan Robotic Competition kembali dilaksanakan, tidak kalah dengan tahun sebelumnya, animo peserta tahun ini sangat luar biasa. Total ada 95 tim yang mengikuti event yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Bertempat di Gedung Graha Wana Bhaktiyasa, jalan Kenari No.14 Yogyakarta. ADRC 2018 membuka dua kategori kompetisi robot, yaitu robot line follower  dan juga robot sumo. Dalam kategori robot line follower , terdapat 65 tim dengan jumlah peserta 2 untuk setiap tim. Mereka diharuskan untuk menyelesaikan lintasan dengan waktu sesingkat mungkin. Pada babak awal, dalam satu kali pertandingan, terdapat 4 tim yang akan bertanding secara bersamaan.

Dalam kompetisi ini diikuti oleh peserta SMA/SMK dan mahasiswa. Untuk kompetisi robot sumo, diikuti oleh peserta SD dan SMP dengan jumlah tim sebanyak 30. Robot Sumo mereka akan beradu dengan lawan, dengan ketentuan siapa yang keluar dari arena, maka dinyatakan kalah.

Adanya event kontes robot seperti ini juga bisa menjadi ajang gathering untuk para penghobi robot. “Tahun lalu saya ikut, tahun ini juga ikut lagi. Selain berharap bisa menang, bisa buat nambah relasi teman-teman yang sehobi juga, nambah saudara” ungkap salah satu peserta ADRC kategori line follower .

Acara yang diadakan Kamis lalu (27/12) ini mendapat banyak support dari beberapa pihak, selain dari pihak Universitas dan Pemerintah provinsi DIY sendiri, pihak luar seperti Indobot juga menjadi salah satu sponsor terbesarnya. Perusahaan yang juga bergerak di bidang robotika ini memiliki misi untuk memperkenalkan dunia robotika ke masyarakat luas. Dan hal itu sejalan dengan event ADRC yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

“Harapan saya, semoga tahun depan ADRC masih bisa diselenggarakan lagi, dengan support dari berbagai pihak, seperti pemerintah daerah dan juga perusahaan-perusahaan yang sejalan seperti Indobot. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang mengenal dan tertarik dengan dunia robotika” tutur Dody Kurniawan Ketua panitia ADRC 2018.

Di akhir acara, diumumkan pemenang dari masing-masing kategori. Untuk kategori Line follower , juara  I tim dari YPF NR, juara II Mega Panzer One2nine, juara III TRT Zed, juara IV Ichibot S1 dan juara Best Design Ichibot S-One. Sedangkan untuk kategori robot sumo, juara I Al Faitih 212, juara II MRC Nerazuri, juara III MCR-X Destroyer, juara IV Zubair Bin Awwam, juara Best Design Mubata 3, juara Best Strategy DH Big Bos, juara Best Devide Tsandesta, dan juara Best Innovation Mubata 1. (eva)

Leave A Reply

Your email address will not be published.