Wakasad Letjen Agus Subiyanto Apresiasi Kegiatan Bela Negara Oleh BAPERA

JAKARTA, Harnasnews.com – Wakil Kepala Staff Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto mengapresiasi kegiatan Pelatihan Bela Negara yang diselenggarakan oleh Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA).

Hal tersebut dikatakan Letjen Agus saat memberi pembekalan materi peserta Jambore Nasional ke-2 BAPERA di Buperta, Cibubur, Jakarta Timur pada Kamis (18/05/23).

Sebelum memberikan sambutannya, terlebih dahulu jenderal bintang tiga itu meminta kader BAPERA membacakan naskah Pancasila.

Dari dua kader BAPERA yang maju untuk melafalkan teks Pancasila berhasil hafal dengan sempurna.

Wakasad mengungkapkan, saat ini masih banyak generasi muda yang tidak hafal teks Pancasila. Padahal, kata dia, hal itu merupakan ideologi dan dasar negara.

Pihaknya juga berharap agar kegiatan yang dilakukan oleh BAPERA dapat berkolaborasi dengan lintas sektoral bersama seluruh komponen termasuk bersama TNI.

“Tadi kita sampaikan kepada Ketum (BAPERA) bahwa kita setiap saat ada kegiatan yang berkolaborasi dengan masyarakat, Bapera bisa ikut andil dalam kegiatan tersebut,” imbuhnya.

Ia juga menyoroti perkembangan pergaulan remaja pada saat ini. Untuk itu, kegiatan Jambore Nasional dan Pelatihan Bela Negara yang digelar BAPERA dapat menjadi nilai positif bagi generasi muda.

“Kemudian saya akan menggambarkan bagaimana kondisi pemuda Indonesia saat ini. Penyalahgunaan narkoba berkembang pesat pada kehidupan para pemuda saat ini dimana 18 ribu jiwa penduduk Indonesia meninggal dunia setiap tahunnya,” kata Wakasad.

Menurutnya, pada tahun 2021 sebanyak 3,6 juta jiwa terlibat dalam narkoba, yang lebih miris kata Wakasad, 2,4 persen merupakan pemuda. Selain itu, pergaulan bebas masih menjadi trend di kalangan remaja.

Oleh karenanya, kegiatan Bela Negara yang dilaksanakan oleh BAPERA diharapkan dapat memberi edukasi terhadap generasi muda di tengah meningkatnya perkembangan teknologi digital.

Seperti diketahui, dalam Jambore Nasional ke-2 BAPERA, selain dihadiri Wakasad Letnan Jenderal Agus Subiyanto, hadir pula Dankor Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revando, sebagai pemateri sekaligus instruktur pelatihan Bela Negara.

Sementara itu, Ketum BAPERA Fahd El Fouz A Rafiq mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dankor Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revando dan Wakasad Letnan Jenderal Agus Subiyanto yang berkenan hadir dalam Jambore ke-2 BAPERA.

“Kehadiran dua jenderal bintang tiga dari TNI dan Polri ini menjadi spirit bagi kader BAPERA agar terus berkontribusi kepada bangsa dan negara,” kata Fahd.

Fahd juga mengimbau kepada kader BAPERA agar terus berkarya dan mendukung pemerintah dalam pembangunan.

“Masa depan bangsa ini ada di tangan pemuda. BAPERA harus berperan aktif memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara,” imbau Fahd. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.