Wakil Bupati : “Nuja Rame” Kegiatan Melestarikan Adat Dan Budaya Di Era Digital

 

SUMBAWA, Harnasnews – Kegiatan Nuja Rame adalah kegiatan menumbuk padi beramai ramai yang dilakukan oleh masyarakat desa dengan melibatkan hampir semua kaum hawa di desa tersebut.

Nuja Rame, biasanya dilakukan masyarakat pada acara – acara tertentu atau perayaan hari besar sebagai bentuk kegiatan gotong royong masyarakat. Kegitan yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 24 Agustus 2023 tersebut, para remaja putri dan ibu-ibu berjalan beriringan menuju pusat acara di Gedung Serba Guna Desa Batu Bulan dengan mengenakan pakaian adat Sumbawa untuk melangsungkan Kegiatan “Nuja Rame.”

Acara ini digelar dalam rangka perayaan satu abad Desa Batu Bulan yang bertajuk “Pesona Batu Bulan.” Sebelumnya telah banyak kegiatan yang digelar, diantaranya hiburan rakyat, olah raga dan beberapa kegiatan budaya lainnya.

Wakil Bupati Sumbawa_Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd yang hadir sekaligus membuka acara tersebut, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan itu. Wabup menilai “Pesona Batu Bulan” yang mengangkat tema adat sumbawa “Nuja Rame” merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, dan tidak semua kecamatan /desa bisa melestarikan adat dan budaya di era digital saai ini. “Hj. NOVI” (sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa ) berpesan untuk kita semua agar dapat melestarikan adat dan budaya kita untuk generasi mendatang.
Acara “NUJA RAME” ini juga dihadiri oleh Branch Manager Bank NTB Syariah Sumbawa, Camat Moyo Hulu, Kades Batu Bulan dan juga para kades se Kecamatan Moyo Hulu, serta warga masyarakat setempat. (Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.