JAKARTA, Harnasnews – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan dan penguatan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

“Peluang pemerataan kesejahteraan masyarakat sangat terbuka melalui berbagai langkah pengembangan sektor UMKM dalam rangka pengentasan kemiskinan di sejumlah daerah,” kata Wakil Ketua MPR RI dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data BPS September 2022, angka kemiskinan di Indonesia tercatat 9,57 persen. Kemudian, angka kemiskinan ekstrem di Indonesia sebesar 1,74 persen. Di sisi lain, ada sejumlah anak bangsa yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Menurut Lestari, fakta tersebut harus memberi kesadaran bahwa banyak potensi di negeri ini yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan adalah bagaimana sumber-sumber kesejahteraan itu bisa merata, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan,” ucap Rerie, sapaan akrab Lestari.