Wapres Ma’ruf Amin Sebut Sah-sah Saja Jika Publik Khawatirkan Jokowi Tak Netral di Pilpres

JAKARTA, Harnasnews – Sejumlah kalangan mengkhawatirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sulit untuk bersikap netral dalam menyikapi kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu lantaran Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Jokowi itu maju mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres mendatang.

Menanggapi kekhawatiran publik terkait netralitas Presiden Jokowi,
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin buka suara. Menurut dia, sangat logis jika publik ada penilaian seperti itu.

“Itu kan namanya juga pandangan, saya kira pandangan seperti itu logis saja. Orang tua bagaimana kalau anaknya berkontestasi, masa enggak membela, itu kan pandangan publik. Itu saya kira sah-sah saja muncul,” kata Ma’ruf dalam program Satu Meja yang dikutip dari Kompas TV, Sabtu (30/12/2023)

Menurut Ma’ruf, sah-sah saja jika masyarakat punya kekhawatiran terkait hal tersebut. Meski begitu, Ma’ruf bilang, Presiden telah angkat bicara terkait ini. Jokowi mengatakan bahwa dirinya netral dan tak memihak salah satu pasangan capres-cawapres.

“Pernyataan dari Presiden sudah ada, bilang netral. Publik khawatir, ini kan sama-sama bisa, kemungkinan itu ada,” ujarnya.

Ma’ruf mengatakan, komitmen Presiden tersebut tinggal menunggu pembuktian. Oleh karenanya, ia meminta seluruh pihak ikut mengawasi jalannya pemilu presiden. Bukan hanya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang turun tangan, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

“Sekarang kan kalau pernyatannya Presiden, semua netral, pernyataannya. Apa nanti di lapangannya seperti itu? Saya kira kembali lagi Bawaslu, nanti Bawaslu yang akan mengawasi. Jadi nanti pernyataan Presiden dengan kondisi di lapangan tinggal di kroscek,” tuturnya.

Ma’ruf pribadi mengaku tak akan menunjukkan keberpihakannya ke capres-cawapres tertentu. Ia memastikan tidak akan memberikan endorsement ke salah satu padangan calon.

Katanya, capres-cawapres pilihan Ma’ruf hanya diketahui oleh dirinya ketika kelak mencoblos surat suara pada hari H pemilihan, 14 Februari 2024. Menurut Ma’ruf, pilihan politik merupakan persoalan hati dan urusan personal, sehingga ia tidak ingin mengumbarnya ke publik.

“Itu persoalan hati dan personal, karena itu saya hanya tuangkan di bilik (suara). Untuk di publik, saya bersikap netral saja,” katanya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.