Harian Nasional News Group

Mengangkat Wisata Daerah Lewat Kearifan Lokal di Kecamatan Ngantang


MALANG, NGANTANG Harnasnews.com –  Bermula dari ide Kapolsek Ngantang AKP.Moh Lutfi mengundang www.harnasnews.com ngopi siang hari di area wisata NGANTANG PARK, dari nongkrong siang itulah akhirnya bertemu dan ngopi bareng dengan Ketua Adat Budaya Indonesia, Haryo bersama Istri”Wakil Ketua Kadin Kabupaten Malang Sam Bogang, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang ,Made Arya dan Mbak Yuni selaku Pengelola NGANTANG PARK di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang tepatnya di Mbah Legi ruas utama jalan Malang-Kediri Rabu(7/8/20190)

Menurut pemerhati budaya sekaligus Ketua Adat Budaya Indonesia, Haryo, berkumpulnya budayawan dan Tokoh penting di Kabupate Malang  ini bukan suatu kebetulan karena memang sudah diatur dari Yang Maha Kuasa, karena dari sinilah bermula suatu diskusi budaya sejarah Ngantang sebagai upaya menyelamatkan kearifan lokal, merujuk kepada fenomena yang terjadi akhir-akhir ini dengan semakin banyaknya penebaran fitnah, adu domba dan sebagainya yag akan dapat menghancurkan budaya Negara kita untuk memecah belah NKR,terang haryo.

“Kita ingin terus mengangkat kearifan lokal dengan penguatan budaya tiap daerah sebagai sebuah Keberagaman, kekuatan, dan tantangan,” ungkapnya.

Menurut Haryo, sebenarnya potensi seni budaya Ngantang sangatlah besar, karena merupakan perpaduan antara banyak seni dan budaya di Nusantara yang mirip Indonesia mini, namun yang menjadi salah satu kendala adalah bagaimana membangun jaringan yang sangat kuat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten, Propinsi bahkan dunia internasional seperti yang terjadi di Lain tempat saat ini.

Haryo melihat di era pemerintahan Presiden Joko Widodo perhatian terhadap para pegiat seni dan budaya termasuk bagus dan sering hampir setiap Sarasehan Budaya, Komitmen Angkat Kearifan Lokal sampai ke Mancanegara.

“Mungkin yang menjadi faktor kendala adalah bagaimana program yang bagus dari Pemerintah Kabupaten Malang, dan dari Kadin Kabupaten Malang  tersebut bisa tersosialisasikan di tataran graas root, oleh karena itu melalui kehadiran bapak Made Arya dan Mas Bogang kami harapkan bisa mengangkat seni dan budaya daerah Ngantang ke level yang lebih tinggi,” terangnya.

Sementara, Made Arya mengatakan,potensi seni dan budaya Malang khususnya Kabupaten sangatlah luar biasa dan bisa menggambarkan Indonesia dalam skala yang kecil karena di Malang tempat bersatunya budaya Jawa, Madura, Osing, termasuk budaya Tionghoa dan Arab,

“Ini yang akan menjadi kekuatan seni budaya Malang, Made sependapat memunculkan  budaya “Ngantangan” bisa tampil di sekala Internasional jika dikelola dengan baik.

“Oleh karena itu kita harus bangga memiliki seni dan budaya yang plural di Ngantang. Kita semua termasuk saya harus mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan itu semua,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang ini.

Sam Bogang Wakil Kadin Kabupaten Malang yang sekaligus juga Ketua PP Kabupaten Malang menambahkan potensi seni, budaya dan Pariwisata Malang Raya Khususnya Ngantang merupakan aset berharga yang dimiliki pemerintah  provinsi Jawa Timur pada umunya dan khususnya Pemerintah Kabupaten Malang.

“Oleh sebab itu, komitmen untuk membangun Malang dan sekitarnya lebih baik dibutuhkan. Itu bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat serta para pegiat seni dan budaya termasuk pelaku pelaku industri,” terang Sam Bogang lelaki yang juga pengurus Komunitas kendaraan Double Cabin (D-Cab) Kabupaten Malang ini agar para pegiat seni budaya dibantu oleh Direktorat Jendral Kebudayaan dengan berbagai program bantuan bagi para pegiat seni dan budaya.

Harapan Mbak Yuni dengan diskusi singkat yang terjadi di  dalam area wisata NGANTANG PARK dengan lokasi yang nyaman suasana pedesaan terasa, dengan banyak fasilitas bermain mulai dari anak-anak sampai dewasa bahkan sampai Cinema 4 Dimensi yang sudah beroperasi, juga sangat hangat penuh keakraban, dengan menikmati kopi yang mantab sambil ditemani Mbak Yuni sebagai manajer NGANTANG PARK.

Dari nongkrong ini akhirnya memunculkan ide-iede baru terkait dengan wisata di Ngantang berharap dapat menyerap para wisatawan yang melewati daerah Ngantang yang memiliki icon durian ini.( Teddy )

Leave A Reply

Your email address will not be published.