Kejari Sumbawa Gelar Harkodia di Wilayah Barat Sumbawa

SUMBAWA, Harnasnews – Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia diperingati pada tanggal 9 Desember. Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia setiap tanggal 9 Desember adalah dalam rangka sebagai bentuk komitmen dunia dalam melawan korupsi.
Hari Antikorupsi Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2003, Hakordia telah menyatukan pandangan negara-negara bahwa korupsi merupakan musuh bersama karena dampak buruk yang ditimbulkannya.

Melalui Hakordia, negara-negara ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan yang luar biasa. Oleh Karena itu Kejari Sumbawa tahun ini akan melaksanakan Harkodia yang akan dipusatkan di kantor Camat Alas Barat. Sedangkan peserta dari Harkodia tersebut yakni para Kepala Desa yang berada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Alas, Alas Barat dan Kecamatan Buer.

Kasi Intelijen Kejari Sumbawa Zanuar Irkham,SH kepada media ini mengemukakan bahwa dalam rangka Harkodia Kejari Sumbawa tahun ini akan melaksanakan diwilayah Barat Kabupaten Sumbawa dan pesertanya para kepala desa yang berada diwilayah tersebut,”ungkapnya, Senin (4/12).

Menurutnya, Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tanggal 9 Desember, senantiasa digelar oleh Kejaksaan melalui berbagai kegiatan, seperti sosialisasi, kampanye, dan penyadaran bahaya akan korupsi kepada masyarakat melalui berbagai program dan acara menarik.

“Jadi pesertanya adalah para kepala desa yang berada di wilayah tersebut,”paparnya

Zanuar berharap dalam Harkodia tersebut semua kepala desa untuk tidak melakukan tindakan koruptif.

“Inti dari setiap kegiatan tersebut mengajak kepada kita semua agar tidak melakukan tindakan koruptif,”cetusnya.

Tambahnya, Tema Hakordia 2023
Dalam rangka merayakan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada tanggal 9 Desember 2023, Tema Hari Antikorupsi Sedunia 2023 adalah “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”.

“Dengan tema tersebut, Kejaksaan ingin melibatkan peran serta masyarakat dan partisipasi publik untuk meningkatkan kesadaran dalam memberantas korupsi, sehingga masyarakat dapat menjadi aktor utama dengan terus menumbuhkan inisiatif dan rasa kepemilikan masyarakat dalam pemberantasan korupsi,”pangkasnya.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D), Kabupaten Sumbawa Muhammad Taufik mendukung pelaksanaan tersebut.

“Kami siap melaksanakan acara Harkodia tahun 2023,”singkatnya.(Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.