JAKARTA, Harnasnews – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai perlu ada penyesuaian target Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan cara memperhatikan kecukupan anggaran untuk menyelesaikan carry over tagihan subsidi KUR secara bertahap.

“Memperhatikan dinamika penyaluran KUR pada Semester I, perlu adanya penyesuaian target penyaluran KUR di tahun 2023. Dengan tetap menjaga jumlah dan kualitas disbursement KUR dan memperhatikan kecukupan anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan carry over tagihan subsidi KUR secara bertahap di tahun 2023 dan tahun 2024,” kata Menko Airlangga melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dilansir dari antara, dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Penyaluran KUR Semester I dan Optimalisasi KUR Semester II Tahun 2023 itu, Menko Airlangga membahas strategi-strategi dalam menjaga kualitas penyaluran KUR dan kepastian proses bisnis penyaluran KUR dengan mempercepat penetapan regulasi yang dibutuhkan.

Ia juga membahas upaya penyempurnaan Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) 1 Tahun 2023 untuk mempertegas penerjemahan dan memperjelas aturan pelaksanaan penyaluran KUR. Diharapkan dengan penyempurnaan tersebut, penyaluran KUR makin kredibel dan tepat sasaran.