Aksi Bina Lingkungan, Kepedulian BPSDM Perhubungan Kepada Masyarakat Sekitar Untuk Cegah Penyebaran COVID-19 

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan

JAKARTA,Harnasnews.com  – Kementerian Pehubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menggelar Aksi Bina Lingkungan yang merupakan wujud solidaritas sosial dari sekolah-sekolah di lingkungan Kementerian Perhubungan untuk membantu masyarakat dalam ditengah pandemi virus Covid-19.

Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo di Kantor BPSDM Perhubungan, Jakarta, menjelaskan melihat dampak pandemi covid-19 yang dialami oleh hampir di seluruh wilayah Indonesia mengimbau sekolah-sekolah di lingkungan Kementerian Perhubungan yang tersebar dari Aceh sampai Papua untuk melakukan Aksi Bina Lingkungan di sekitar kampus sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

“Kegiatan ini dilakukan seiring dengan kebijakan pemerintah dalam penetapan status Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia, dan arahan dari Bapak Menteri Perhubungan untuk dapat berkontribusi nyata dalam membantu menekan penyebaran covid-19 serta membantu para masyarakat yang terdampak”, ungkap Sugihardjo.

Melalui Aksi Bina Lingkungan ini sekolah-sekolah di lingkungan BPSDMP berupaya untuk memberikan kontribusi yang nyata dan maksimal kepada masyarakat dengan cara memberikan paket sembako, multivitamin, masker, hand sanitizer, dan disinfektan yang saat ini sangat dibutuhkan ditengah pandemi virus Covid-19. Serta mengurangi beban pengeluaran mereka mengingat sementara ini sebagian masyarakat tidak dapat bekerja.

“Dengan pemberian bantuan ini diharapkan juga dapat membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat mengingat sementara ini mereka tidak dapat bekerja seperti biasanya”, tambah Sugihardjo.

Selanjutnya, Sugihardjo juga menyampaikan beberapa sekolah yang telah melaksanakan Aksi Bina Lingkungan, di Jakarta antara lain Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta telah membagikan makanan dan paket sembako kepada pengemudi taksi konvensional, pengemudi angkutan kota, dan pengemudi ojek online yang masih aktif bekerja di sekitar kampus.

Di wilayah Jawa Timur, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Poltekpel Surabaya dan API Banyuwangi membagikan paket sembako, multivitamin masker dan sabun cuci tangan kepada masyarakat sekitar kampus. Sementara di Semarang, PIP Semarang menyerahkan 3 alat handsprayer untuk menyemprotkan disinfektan dan paket sembako kepada pihak Kelurahan Wonodri untuk dibagikan kepada warganya. Dan Poltrada Bali menyerahkan donasi berupa masker dan dan disinfektan kepada Perbekel Desa Batubulan Kangin, Gianyar dan Perbekel Desa Samsam, Tabanan.

Di wilayah Sumatera, Poltekpel Sumatera Barat memberikan sejumlah bantuan berupa donasi uang tunai, bahan dan alat penanganan Covid-19 kepada Camat Ulakan Tapakis, Padang Pariaman untuk dibagikan kepada warganya dan Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang yang melakukan penyemprotan disinfektas pada angkutan umum dan pribadi yang melintas di depan kampus.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan Aksi Bina Lingkungan ini dapat sedikit membantu masyarakat dalam menghadapi kondisi yang terjadi ditengah pandemi virus Covid-19 dan semoga keadaan segera membaik dan kembali normal”, kata Sugihardjo.

Selain berapa kegiatan yang di jelaskan sebelumnya aksi ini juga tealah dilakukan oleh seluruh sekolah-sekolah di lingkungan BPSDMP yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yaitu PTDI-STTD, PKTJ Tegal, BPPTD Mempawah, Politeknik Pelayaran Malahayati, Politeknik Pelayaran Banten, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Politeknik Pelayaran Barombong, Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara, Politeknik Pelayaran Sorong, Politeknik Penerbangan Medan, Politeknik Penerbangan Palembang, Polteknik Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan Surabaya, Politeknik Penerbangan Makassar, Politeknik Penerbangan Jayapura.(Idhar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.