AMAN Sumbawa Bantu Masyarakat di Tengah Wabah Corona

Aliansi Masyatakat Adat Nasional (AMAN), Sumbawa

SUMBAWA,Harnasnews.com – Salah satu perhatian Aliansi Masyatakat Adat Nasional (AMAN), Sumbawa adalah menyalurkan bantuan beruba masker, ember, handsanitizer, obat-obatan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa mayarakat adat yang anggota AMAN agar terhindar dari penyebaran Covid 19 ini.

Sebagaimana apa yang menjadi perhatian pemerintah Indonesia bahkan dunia saat ini. Jasardi ketua BPH AMAN Sumbawa mengatakan bahwa bantuan kecil ini adalah sebagai bentuk perhatian serius bagi organisasi AMAN Sumbawa di wilayah kerjanya, sebagaimana juga instruksi sekjen AMAN bahwa masyarakat adat dipastikan bebas dari Virus Corona ini.

Kami di AMAN Sumbawa sudah membentuk Relawan Gugus Tugas ” Posko AMANkan Covid- 19″ dan juga adanya posko dan relawan di masing-masing komunitas adat.

Saat ini ada 8 Posko utama ada Komunitas adat Cek Bocek Selesek Reen Sury di desa Lawin kecamatan Ropang, ada komunitas adat Bakalewang Kanar di desa Labuhan Badas, Komunitas adat Usal Ponto Ai Padeng di Desa Mama, Komunitas Adat Pusu di Tepal, komunitas adat Pekasa di kecamatan Lunyuk, Pedukuhan Talonang di Sumbawa Barat dan Komunitas Adat Koweng Tatar.

Tugas dari Posko-posko ini dibentuk adalah untuk memastikan di wilayah komunitas adat bebas dari Corona dan ketika ada indikasi segera dilaporkan ke Posko di kabupaten atau di tingkat desa di kepala desa atau tenaga kesehatan setempat.

Unsur dari Posko Gugus Relawan ini ada dari berbagai unsur ada dari direktur sekolah adat, BPAN, KPAM Sumbawa, PPMAN dan unsur BPH AMAN Sumbawa sendiri.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.