Anies Harapkan Seluruh Warga Jakarta Bisa Menikmati Air Bersih 

JAKARTA, Harnasnews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa persoalan air minum di Jakarta merupakan kebutuhan dasar setiap warga yang harus terpenuhi. Karenanya, dalam pengelolaan air bersih, diharapkan agar tidak mencari untung dan mengedepankan semangat untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Jakarta.

Hal itu disampaikan Anies saat memberikan  keynote speech pada kegiatan diskusi yang digelar Kordinatoriat Wartawan Balaikota dan DPRD DKI Jakarta dengan istilah Balkoters Talk.

Diskusi secara virtual dengan tema ‘Pelayanan Merata Air Minum Jakarta’ menghadirkan narasumber Direktur PAM Priyanto Bambang Hernowo, pakar regulasi Mova Al-Afghany, dan lainnya. “Jadi, perusahaan daerah yang mengelola air minum tidak berorientasi pada bisnis, tidak bicara untung rugi,  tapi harus mampu memenuhi kebutuhan tiap warga,” tegas Anies, Rabu (1/9/2021).

Direktur PAM Jaya, Priyatno Hernowo menjelaskan, negara berkewajiban mewujudkan layanan air bersih bagi rakyat. Untuk itu sistem penyediaan air minum (SPAM) DKI Jakarta harus terus dikembangkan. “Sekarang ini sumber air baku Jakarta sebanyak 81 persen air masih dari Waduk Jatiluhur. Hanya 6 persen dari sungai di Jakarta. Padahal di Jakarta ada 13 sungai dan waduk. Dari 13 sungai itu pun harus dengan tambahan treatment,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.