Apdesi Aceh Gandeng Lembaga Kompak Nusantara Gelar Bimtek Nasional di Puncak Bogor

BOGOR, Harnasnews – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam menggandeng Lembaga Kompak Nusantara menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Nasional terkait ketahanan pangan yang dimulai dari tanggal 22 hingga 25 Agustus 2022 di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

” Ada 619 kades dari 17 kecamatan se-Kabupaten Bireuen yang saat ini sedang mengikuti Bimtek Nasiona secara bertahap,” jelas Ketua Apdesi Kecamatan Jeunieb, Anwar SH, MH kepada harnasnews.com di Hotel Bayak, Puncak, Bogor, Senin (22/08/2022).

Kata dia, bimtek yang digelar Lembaga Kompak Nusantara dan Apdesi ini dapat menambah pengetahuan para kades terkait tata kelola ketahanan pangan yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022. Dimana penggunaan Dana Desa untuk program ketahanan pangan / hewani sebesar 20 persen dari Dana Desa (DD).

“Jadi melalui Bintek ini, program ketahanan pangan akan berhasil secara optimal. Sehingga kedepannya dalam pengembangan potensi desa dengan berbagai macam komoditas pangan dapat memanfaatkan lahan desa, lahan masyarakat,” jelas Anwar yang juga Kepala Desa (Kades) Jeunieb ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.