AQUA Keboncandi Dukung Pembentukan Bank sampah Maslahah di Desa Keboncandi

Nasional

Pasuruan, Harnasnews.com – AQUA Keboncandi bekerjasama dengan Yayasan sosial Invesment Indonesia mendukung program desa Keboncandi melalui program pembentukan kelompok bank sampah Maslahah desa Keboncandi.

Dalam kesempatan ini AQUA keboncandi selain melakukan sosialisasi dan edukasi ke warga dan komunitas, AQUA Keboncandi juga telah menyerahkan 1 unit bentor pengangkut sampah dan prasarana tong sampah sejumlah 250 unit kapasitas 25 liter yang di modifikasi menyatu dengan wastafel stainless pada hari senin (01/02/2021).

Pemberian dari pihak AQUA Keboncandi diterima langsung oleh kepala desa Keboncandi disaksikan ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, bidan desa dan ketua karang taruna yang selanjutnya diserahkan kepada Yuli Karyanto selaku ketua kelompok bank sampah Maslahah Desa Keboncandi.

Diketahui bahwasannyan setiap orang, setiap harinya pasti menghasilkan sejumlah sampah baik sampah organik maupun non organik.

Kebanyakan dari setiap orang hanya peduli sampai tahap bagaimana sampah lenyap atau hilang dari rumah, tapi bagaimana mengenai akhir perjalanan sampah yang kita hasilkan belum dikelola dengan baik. Pungkas Yuli.

SR Manager AQUA Keboncandi Hari Wicaksono menyampaikan bahwasannya Bank Sampah kini menjadi salah satu solusi untuk mengefektifkan dan mengefesiensi pengelolaan sampah skala rumah tangga.

“Dengan adanya Bank Sampah bisa mengefektifkan dan mengefesiensi pengelolaan sampah dari skala rumah tangga, maka dari itu mari bersama-sama para pihak untuk mendukung keberadaan Bank sampah,” ujar SR Manager AQUA Keboncandi.

Organisasi sosial yang juga sekaligus organisasi nirlaba ini makin terasa dibutuhkan keberadaannya, yang berfungsi sebagai solusi untuk memilah dan mengelola sampah dari sumbernya, serta sebagai media edukasi untuk masyarakat mengenai prinsip SAMTAKU.

“Sampahku, Tanggung Jawabku (samtaku), karena pengelolaan sampah yang holistik membutuhkan peran aktif dan tanggung jawab dari semua orang,” imbuh Hari Wicaksono.

Terima kasih disampaikan kepada AQUA Keboncandi dan YSII, kegiatan sosialisasi pembentukan bank sampah ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat desa Keboncandi, guna membangun kesadaran dan menciptakan budaya pengelolaan sampah.

“Selanjutnya desa akan menerbitkan peraturan desa terkait pengelolaan sampah di Desa Keboncandi,” pungkas Ahkmad Makrus selaku kepala Desa Keboncandi.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.