Bangkitkan Ekonomi Kelautan, OK OCE Maritim Siap Berkolaborasi Dengan Kemenparekraf

JAKARTA, Harnasnews.com– Ok Oce Maritim Indonesia sebagai wadah pembinaan pelaku usaha UMKM, pada bidang kemaritiman dan kawasan perairan, siap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dipimpin Menteri Sandiaga Salahuddin Uno.

Presiden RI Joko Widodo, Rabu ( 23/12/2020) di Istana Negara Jakarta, telah melantik 6 orang Menteri baru hasil reshuffle, satu diantaranya Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, tokoh pengusaha pendiri Gerakan OK OCE, menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandi Uno sebagai pengusaha yang juga pembina UMKM, melalui Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO), secara khusus telah banyak menjadi inspirasi, dan menginisiasi munculnya UMKM berbasis ekonomi kreatif, satu diantaranya yang sudah berjalan, OK OCE Maritim Indonesia, yang berkonsentrasi melakukan pembinaan UMKM bidang kemaritiman.

Wakil Ketua Umum OK OCE Maritim Indonesia, Roni Nainggolan menyatakan antusias merespon Sandi Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kami OK OCE Maritim Indonesia merespon positif Bang Sandi pembina kami, bersedia menjadi Menparekraf, ini sejalan dengan arahan Bang Sandi kepada kami sejak awal, agar kami melakukan penjangkauan dan pembinaan pelaku usaha, khususnya UMKM pada kawasan kelautan maupun perairan lainnya, termasuk membina potensi ekonomi kreatif pelaku UMKM maritim,” ujar Roni Nainggolan dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu ( 27/12/2020).

Era revolusi industri 4.0 yang sedang terjadi dewasa ini, dan masa pandemi Covid-19, telah memunculkan banyak pelaku usaha berbasis ekonomi kreatif, yakni perpaduan ide-ide kreatif dengan memanfaatkan teknologi informatika, sehingga melahirkan produk bernilai tambah tinggi.

Hal ini menjadikan ekonomi kreatif bernilai strategis, dan layak sebagai pilihan strategi memenangkan persaingan global, dengan berbagai inovasi, kreativitas, dan terobosan yang tidak hanya berguna bagi kebangkitan ekonomi, tetapi juga untuk menggairahkan kembali dunia pariwisata Indonesia.

Semisal dengan menerapkan virtual tourism untuk berbagai produk kreatif berasal dari laut/kawasan perairan Indonesia, kata Roni.

Leave A Reply

Your email address will not be published.