Penemuan Struktur Tatakan Bata Kuno Gemparkan Warga Blimbing

PASURUAN, Harnasnews.com – Warga Dusun Blimbing, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan digegerkan dengan penemuan tatakan struktur bata kuno yang diduga bagian dari peninggalan sejarah di dekat area persawahan warga.

Penemuan yang menggemparkan warga sekitar pada Hari Jum,at (25/12/20) oleh warga tersebut segera ditanggapi oleh kepala Dusun Blimbing H. Atim yang dengan cekatan berkoordinasi dengan perwakilan BPCB Kabupaten Pasuruan.

Struktur tatakan bata kuno dengan ketebalan serta lebar tidak biasa itu sendiri terlihat tampak utuh dengan adanya lubang ditengah seperti aliran air yang memanjang.

Kasun Dusun Blimbing H. Atim menyampaikan “struktur tatakan bata kuno ditemukan warga pada Hari jum,at pagi, karena seperti bata kuno lantas bersama warga kita gotong royong untuk menggali lebih dalam,” ujar H. Atim.

“Kita Langsung koordinasikan dengan perwakilan BPCB Kabupaten Pasuruan untuk memperjelas adanya temuan tersebut,” lanjut Kasun H. Atim.

Sementara itu, perwakilan BPCB Kabupaten Pasuruan Pawiji menyampaikan “temuan struktur tatakan bata kuno ini indikasi awal adalah peninggalan sejarah dan cagar budaya jaman kerajaan,” ujar Pawiji.

“Dengan temuan ini, berarti para leluhur sedang mengingatkan kita bahwa semua yang telah beliau tinggalkan, adalah wujud dari esensi hidup yang sangat luar biasa.” 

“Kita juga sudah koordinasikan dengan BPCB Trowulan untuk segera dilakukan eskavasi dengan penemuan tersebut dan insya Allah awal Januari tahun depan akan dilakukan peninjauan serta eskavasi itu sendiri,” pungkas Pawiji.(Por/Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.