Bekasi Perlu Sistem Transportasi Terintegrasi

BEKASI, Harnasnews.com – Sebagai daerah yang memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, Kabupaten Bekasi, dianjurkan untuk membangun sistem transportasi yang terintegrasi. Hal itu dinilai penting untuk mengurangi kemacetan dan kenyamanan masyarakat.

Menurut Pengamat Transportasi Bekasi, Fathulah, DKI Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang meraih penghargaan di bidang transportasi, yakni Sustainable Transport Award (STA).

“Upaya DKI Jakarta melakukan pembenahan transportasi yang terintegrasi, itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Fathulah.

Tentu, penerapan transportasi terintegrasi ini harus juga menjadi contoh bagi kota lain, khususnya yang berada di sekitar DKI Jakarta. Seperti Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang. Jika tidak, maka akan sangat tertinggal, bahkan sistem transportasi yang terintegrasi di DKI Jakarta, mampu mengurai kemacetan.

“Daerah yang berdekatan dengan DKI Jakarta, jangan terbuai, khususnya wilayah Bekasi. Harus segera mengambil langkah, dan menciptakan transportasi yang terintegrasi dengan DKI Jakarta,” saran Fathulah.

Ia juga menilai, sistem transportasi terintegrasi di Bekasi masih sangat jauh. Bekasi cukup terbantu dengan adanya layanan KRL Commuter Line, termasuk bus Trans Jakarta yang sampai ke wilayah Bekasi.

“Selebihnya, itu tidak ada skema transportasi yang terintegrasi. Bahkan yang terbaru, Bus Trans Patriot justru dihentikan operasionalnya,” terang Fathulah.

Menurut dia, pemimpin daerah Bekasi, seharusnya sudah mengambil langkah dengan cara melakukan pertemuan seminar-seminar, dan mengundang seluruh pejabat terkait, akademisi, maupun praktisi transportasi, untuk membuat semacam plan ataupun blue print.

“Harus ada good will pemimpin-nya. Sudah sejauh mana punya future. Transportasi itu sangat penting sekali, karena sangat membantu ekonomi, sekarang berapa persen orang Bekasi kerja di Jakarta, kalau tidak terintegrasi, maka jauh ketinggalan,” bebernya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.