Beri  Kuliah  Umum Di UNISMUH, Menteri Susi  Ajak  Akademisi Kelola  Perikanan Berkelanjutan

 

BANGGAI ,Harnasnews.Com  – Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memeberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk pada Selasa (1/5). Kuliah umum yang bertema “Pembangunan Potensi Kelautan dan Perikanan di Indonesia Bagian Timur” tersebut, menjadi kesempatan Menteri Susi untuk mengajak para mahasiswa menjaga kedaulatan perairan Indonesia dan mengelolanya secara berkelanjutan.

Menteri Susi menjelaskan, hal prioritas yang ia ambil dalam mengawal Laut Masa Depan Bangsa adalah kedaulatan. “Bagaimana kita mau membela nelayan, jika di laut kita sendiri masih ada kapal asing. Kedaulatan menjadi pilar utama yang saya lakukan dalam menerjemahkan nawacita Bapak Presiden,” ujarnya.

Langkah berikutnya yang dilakukannya adalah merujuk pada UU No.45 Tahun 2009 tentang perikanan, dimana dalam pasal 69 ayat (4) pada UU tersebut menyebut bahwa penyidik dan/atau pengawas perikanan dapat melakukan tindakan khusus berupa pembakaran dan/atau penenggelaman kapal perikanan berbendera asing berdasarkan bukti permulaan yang cukup.

“Hukum yang tegas dan lugas diperlukan. Karena setelah diselidiki ada puluhan ribu kapal yang beroperasi saat itu. Kenapa bisa sebanyak itu? Tentunya tidak mungkin kalau tidak ada campur tangan aparat dari dalam. Makanya hanya satu yang bisa dilakukan saat itu, yakni dengan konsensus nasional dengan berbagai aparat penegakan hukum dan lembaga terkait,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.