Berjuang Pasca Pandemik, Kepulauan Seribu Siap Bangkit Melalui Industri Pariwisata

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Dampak pandemi beberapa tahun belakangan, memukul perekonomian di hampir semua wilayah di Indonesia. Setelah sempat terpuruk, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan promosi wisata di wilayah Jabodetabek.

Kali ini, Kota Bekasi menjadi destinasi promosi Trafel Fair Kepulauan Seribu yang akan digelar selama 1 pekan ke depan, mulai dari 28 November hingga 2 Desember 2022 yang dilakukan di Blue Mall Plaza, Jl. Chairil Anwar, kelurahan Margahayu Bekasi Timur pada Senin (28/11/22).

“Dimana harapan kita nantinya, kepulauan seribu ini akan lebih dikenal sehingga bisa mengundang para masyarakat Indonesia untuk berwisata di kepulauan seribu, qini harapan utamanya,” ujar Iwan P Samosir, selaku Asissten Perekonomian, Administrasi dan Pembangunan Kepulauan Seribu.

Dalam kegiatan itu hadir juga, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parenkraf) Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, Ketua Asida DKI Jakarta Bustami Sinaga, Ketua IWAPI Kepluan Seribu Nurlailah, ketua Kekraf Kepulauan Seribu, Angga, ketua HIPMI kepulauan Seribu Dafid Simbolon, Kasudin Kebudayaan, Kasudin Kominfo, Kasudin PPUKM dan Irbankab.

Iwan P Samosir, kembali menambahkan bahwa kegiatan itu, produk UKM nya dapat berkembang melalui industri pariwisata, sesuai dengan slogan pemerintah tentang Indonesia Bangkit.

“Harapan kita, selain kita sama-sama tahu selama dua tahun ini kita dilanda covid, ini salah satunya pulau seribu bangkit, sesuai dengan slogan Indonesia bangkit, dimana dengan berkembangnya wisata, produk UMKM kita juga berkembang, antara lain ada dua jenis produk UMKM kita yaitu yang bersifat kerajinan tangan yang ada berbasis biota laut dan juga kuliner juga berbasis hasil laut yang ada di kepulauan seribu,” imbuhnya.

Pada Travel Fair itu, pihaknya juga menggandeng Trafel untuk melakukan promosi wisata disamping pameran kuliner, kerajinan tangan serta musik untuk menjadi daya tarik pengunjung.

Selain di Kota Bekasi, sasaran promosi juga akan dilakukan di beberapa Mall di Jabodetabek secara terjadwal.

“Secara per lima Minggu kita akan pindah lagi ke sekitar mall-mall yang ada di sekitar Jabodetabek,”kata Iwan.

Diketahui bahwa dampak pandemik Covid-19 dirasakan hampir di seluruh dunir terutama dampak ekonomi yang sangat dirasakan. Namun, dengan berbagai upaya, Kepulauan Seribu saat ini mulai bangkit.

“Alhamdulillah kita kepulauan seribu secara bertahap melalui kegiatan-kegiatan seperti hari ini Travel Fair, ini salah satu upaya kita untuk membangun, meningkatkan perekonomian di kepulauan seribu,” kata Iwan menambahkan.

“Karena di dalam Trafel Fair ini ada kegiatan-kegiatan bagiamana menunjukkan UMKM kita, bagaimana menunjukkan wisatawan kita ingin mengundang para wisatawan datang ke kepulauan seribu dan ini salah satu aksi nyata ataupun bentuk upaya kita dalam meningkatkan perekonomian di kepulauan seribu,” tukasnya.

Ada 113 Pulau di Kepulauan Seribu dan 11 diantaranya berpenghuni. Suatu kawasan menjadi objek wisata baik wisata alam ataupun wisata buatan. Wisata religi juga belum lama ini dibangun di pulau Panjang, berupa situs makan dari kerajaan Banten. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.