BSI Diduga Agunkan Aset Pemerintah Provinsi

SUMBAWA,Harnasnews.com  –  PT. Bali Seafood International (BSI) di duga telah meng agunkan aset Pemerintah Provinsi yang berlokasi di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Balai Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Pulau Sumbawa Ahmad, S. Pd, M. Pd.

Menurutnya bahwa tahun 2013 lalu ada perjanjian kerjasama antara Sekda Provinsi H. Muhammad Nur, SH, MH dengan Gerald C. Knecht pihak dari BSI dengan nomor surat 415/01/Kesda/2013.

Dan aset tersebut tampa mengetahui Gubernur. Dan tidak ada paraf siapapun diberita kerja sama tersebut. Masalahnya ini adalah BSI telah mengusai aset – aset tersebut.

“Aset – aset tersebut dikuasai oleh mereka. Padahal Obyek lingkup kerjasamanya tidak seperti itu. Sehingga pada tahun 2019 ini tiba – tiba di addendumkan dan ditandatangani oleh sekda Ir. H. Rosiady H. Sayuti, Msc., Ph. D dan tampa diketahui oleh Gubernur, “ungkapnya kepada wartawan (31/7/2019).

Lanjut Yani sapaan akrabnya obyek ruang lingkup kerjasama 1-13 aset telah dikuasai oleh BSI. Dan aset ini semuanya bisa diagunkan.

“Nah. Hingga hari ini mereka belum membayar beban yang mereka bayarkan kepada pemerintah provinsi. Dan jika dilihat dari ketentuan undang – undangnya mereka dikenakan Rp 1100 M2 (3 persen lebih). Dan ini menjadi masalah.

Tambah Yani, Jadi BSI ini yang jadi masalah dia meng agunkan seluruh yang ada dalam Addendum perjanjian kerjasama dengan nomor 420/107/KJS/2019.

“BSI telah berani mengagunkan lokasi tersebut. Dan bagaimana mungkin mereka yang menikmatinya sementara itu milik pmerintah provinsi,”katanya.

Seperti diketahui obyek perjanjian adalah barang milik daerah berupa a. Sebagaian tanah pelabuhan perikanan teluk santong dengan sertifikat tanah hak pakai No. 00014, seluas 2,5 hektar yang ditentukan para pihak dalam peta dan angka koordinat Global Positioning System (GPS) sebagai mana terlampir yang berlokasi diteluk santong Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB.
b. Gedung, bangunan, sarana dan fasilitas antara lain :
1. Kantor Pelabuhan
2. TPI /Pabrik Es.
3. Pom bensin.
4. Mes karyawan
5. Bengkel Workshop
6. Rumah Genset
7. Pos Jaga.
8. Tangki BBM
9. Kantin
10. Toilet
11. Tandon /Rumah Pompa
12.Rumah Kepala
13. Ruang Pertemuan (Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.