PAMEKASAN, Harnasnews – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyatakan Pancasila bukan hanya sebatas lambang negara, akan tetapi sebagai landasan ideologis bangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemersatu bangsa.

“Pancasila sebagai landasan ideologis bangsa ini yang telah mempersatukan kita. Nilai yang terkandung pada Pancasila merupakan nilai moral dan agama yang dianut oleh semua elemen masyarakat di negara yang kita cintai ini,” kata Baddrut seusai menghadiri upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Nagara Bhakti depan Mandhapa Agung Ronggosukati, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu.

Oleh karena itu, sambung bupati, momentum Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober harus menjadi renungan sekaligus inspirasi bagi segenap elemen bangsa agar nilai-nilai Pancasila dapat terimplementasi dalam kehidupan nyata.

Bupati menyatakan lima sila yang tertuang pada lima butir Pancasila itu semuanya bersumber dari nilai moral adat istiadat, budaya dan agama yang dianut oleh semua elemen bangsa ini.

Ketuhanan, keadilan, gotong-royong, dan musyawarah untuk mencapai mufakat merupakan nilai inti yang terkandung dalam nilai filosofis Pancasila, yang semuanya merupakan inti pokok dari ajaran nilai moral agama.