Bupati Bogor Ajak Para Kades Manfaatkan SAMISADE

BOGOR, Harnasnews.com-Bupati Bogor, Ade Yasin kembali mengingatkan para Kepala Desa untuk memanfaatkan program Satu Miliyar Satu Desa (SAMISADE) secara maksimal. Hal ini dikatakannya saat menghadiri Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Pamijahan, Rabu (6/4) bersama Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Wakil Ketua DPRD M. Romli, beserta Forkopimda Kabupaten Bogor.

Menurut Bupati Ade Yasin ketika dirinya kampanye dulu, melihat persoalan desa itu rata-rata infrastrukturnya jelek, pengairan sawah nya jelek dan lain-lain, sehingga ia dan Iwan Setiawan turunkan program SAMISADE. SAMISADE ini difokuskan dalam pembangunan infrastruktur desa, seperti akses pariwisata, akses ekonomi, akses perbatasan desa, akses kesehatan, pendidikan sampai akses pusat pemerintahan. Yang terpenting menyangkut hajat masyarakat banyak.

“Dengan SAMISADE, ujar Ade Yasin, kita bisa memfasilitasi masyarakat dengan aksesibilitas yang bagus, bisa buat tower untuk daerah yang blank spot sehingga sinyal HP dapat diterima, selain itu untuk kepentingan pengairan, MCK, dan infrastruktur lainnya,” kata Ade.

Ade Yasin menjelaskan, SAMISADE itu setiap tahun, bukan selama satu periode, maka harus kita manfaatkan dalam satu tahun ini. Di Kecamatan Pamijahan yang pengajuan anggarannya baru masuk hanya 10 desa, itupun angkanya kecil-kecil. Kemudian baru 4 desa dari 10 desa yang sudah memanfaatkan SAMISADE.

“Inikan sayang, jika SAMISADE tidak dimanfaatkan. Kalau Anggaran Dana Desa kan dipake ke Bansos Covid, jadi kita susah membangun. Kalau Kepala Desanya nggak bisa ngebangun, masyarakatnya kecewa, periode berikutnya bisa-bisa teu kapilih deui,” ujar Ade Yasin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.