Cagar Budaya di Yogyakarta Dipelihara Dengan Dana Keistimewaan

SLEMAN, Harnasnews.com – Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen melakukan pemeliharaan dan perbaikan sejumlah bangunan cagar budaya (BCB) yang banyak terdapat di wilayah setempat melalui Dana Keistimewaan (Danais).

“Di Sleman ini banyak terdapat BCB, dan kami berkomitmen untuk melakukan pemeliharaan maupun rehabilitasi seluruh BCB yang ada dengan menggunakan Danais,” kata Kepala Seksi Sejarah Nilai dan Tradisi Budaya Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman Anas Mubakhir di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, saat ini pihaknya berencana melakukan rehabilitasi salah satu BCB, yakni bangunan SMP Negeri 1 Sleman yang terketak di Jalan Bhayangkara 27 Medari, Desa Caturharjo, Sleman.

“Anggaran yang disiapkann Rp1,8 miliar yang bersumber dari dana keistimewaan (Danais). Namun total anggaran untuk pemeliharaan BCB di Sleman sekitar Rp2,9 miliar,” katanya.

Ia mengatakan, rehabilitasi bangunan SMPN 1 Sleman masih dalam tahap perencanaan. Lelang pekerjaan tidak dilakukan di Pemkab Sleman melainkan melalui Pemprov DIY.

“Saat ini sedang proses revisi perencanaan yang sudah disusun beberapa waktu yang lalu. Pelaksanaan akan dilakukan selama lima bulan,” katanya.

Anas mengatakan, lelang tersebut dilakukan Pemprov DIY karena sistem anggaran di Sleman dengan Danais saat ini sudah tidak terkoneksi.

Sebab, saat ini Sleman telah menggunakan sistem sendiri salah satunya yaitu sistem informasi kinerja penyedia (SIKaP).

Leave A Reply

Your email address will not be published.