Cegah Terjadinya Penyimpangan, Satgas Pangan Kawal Jalur Distribusi Bahan Pokok

Kepala Satuan Operasi (Kasatops) Satgas Pangan Kombes Pol. Helfi Asshegaf . (Foto: Daengk)

JAKARTA,Harnasnews.com – Kepala Satuan Operasi (Kasatops) Satgas Pangan Kombes Pol. Helfi Asshegaf mengungkapkan, pihaknya akan mengawal jalur distribusi bagi bahan pokok.jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya pelanggaran baik itu dilakukan oleh oknum maupun pengusaha itu sendiri.

“Kita garis komandonya kan jelas, tahun ini di bentuk Satgas Polres, tahun sebelmnyakan Mabes dan Polda,” katanya.

Helfi mengatakan, bahwa pihaknya akan memberdayakan jajarannya hingga ke tingkat Polsek dalam menangani persoalan kebutuhan bahan pokok.

“Peran Babinkamtibnas dan unit intelejen yang ada di wilayah terus kita tingkatkan dalam melakukan pendataan. Seperti tadi, pelaku usahanya, distribusinya, transportasinya dan segala macam permasalahan yang mungkin akan muncul,” ujar Helfi.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, seluruh jajaran Satgas Pangan yang ada di daerah juga terus berkordinasi dengan pusat guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan, kebocoran.

“Apabila langkah antisipasi itu sudah dilaksanakan dan tidak ada masalah berarti, jajaran Satgas dari tingkat Polsek akan melaporkan secara berjenjang  hingga Mabes. Dengan demikian gejolak harga kebutuhan pokok dapat ditekan,” kata Helfi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR) Eddy Wahyudin mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah pemerintah dalam mengantisipasi adanya gejolak produksi pakan ternak.menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019,

Hal itu dilakukan guna meminimalisir adanya gejolak harga dipasaran. Pasalnya, menjelang akhir tahun permintaan kebuhan bahan pokok sering kali mengalami peningkatan.

“Biasanya, sesuai dengan hukum pasar permintaan tinggi terjadi kenaikan harga. Tapi kami yakin, tim dari Satgas Pangan mampu mengatasi permasalahan tersebut, buktinya tidak ada gejolak yang signifikan,” kata Eddy usai menghadiri diskusi publik yang digelar oleh Jalan Media Comunikasi (JMC) di Jakarta , Rabu (28/118).

Leave A Reply

Your email address will not be published.