Dampak Spam Umbulan Dikeluhkan Warga

PASURUAN, Harnasnews.com – Dampak Proyek Nasional dengan adanya pembangunan jaringan pipa Spam Umbulan di wilayah Kabupaten Pasuruan, kini membuat resah dan bencana bagi warga masyarakat Gondang Wetan.

Dampak dari proyek galian pembangunan jaringan pipa Spam Umbulan yang di akibatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, kini dirasakan masyarakat Gondang Wetan, khususnya di Desa Karang Sentul dan Desa Gondang Wetan, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan.

Walau sudah selesai dikerjakan, proyek pembangunan jaringan pipa Spam Umbulan yang seharusnya memberi kenyamanan bagi masyarakat namun proyek tersebut menyisakan persoalan baru dan bencana bagi warga setempat yang terdampak.

Dampak negatif dari galian pembangunan jaringan pipa Spam Umbulan tersebut membuat saluran air atau gorong gorong tersumbat, sehingga pada saat datangnya musim hujan saat ini air yang seharusnya mengalir di dalam gorong gorong meluap dan masuk kedalam rumah warga.

Menanggapi laporan dan problem yang ada di masyarakat, Hanan selaku ketua umum Aliansi Masyarakat Cinta Damai (AMCD) bersama 2 orang anggotanya meninjau langsung kesalah satu rumah warga yang bertempat di Desa Karang Sentul, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan pada Sabtu, (4/20) sekira pukul 10.00 WIB, dan didalam rumah tersebut masih ada genangan air hujan yang belum surut.

Menurut keterangan yang diperoleh dari H. Sugijanto, selaku RW di lokasi kejadian di Desa Karang sentul, kejadian seperti itu sudah sering terjadi disaat musim hujan dan warga sudah memberikan laporan terkait masalah tersebut namun masih belum mendapat respon atau tindakan dari pihak terkait.

“Sebelumnya kurang lebih pada 1 tahun yang lalu di kecamatan sudah di adakan musyawarah rencana pembangunan serta kasus/kejadian itu sudah disampaikan dan mendapat tanggapan akan direalisasikan, namun sampai saat ini hasilnya nihil,” kata Sugijanto.

Terpisah, Ketua Umum Aliansi Masyarakat Cinta Damai (AMCD) mengatakan seharusnya pemerintah daerah lebih peduli dan berpihak kepada warga yang terdampak, rakyat jangan hanya dibutuhkan pada saat akan Pileg dan Pilkada saja.

“Jangan sampai warga ini berbuat prontal kepada Pemerintah Daerah dan Desa. Semoga kejadian banjir atau bencana akibat dari dampak pembangunan jaringan pipa spam Umbulan ini segera diperhatikan,” pungkas Hanan. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.